Tekan Angka Pelanggaran Lalu Lintas, Satlantas Polres Batang Gelar Operasi Zebra Candi

November 02, 2017
Pekalongan News
Dalam rangka menekan angka pelanggaran lalu lintas, terutama yang menyebabkan fatalitas kecelakaan.Satlantas Polres Batang Gelar Operasi Zebra Candi
Kabupaten Batang
Sat Lantas Polres Batang mulai  1 November hingga 14 November 2017 mendatang akan menggelar Operasi Zebra Candi 2017. Mereka akan menindak tegas para pengguna jalan yang tidak menaati aturan lalu lintas.
“Operasi ini secara serentak jajaran Polri dalam rangka menekan angka pelanggaran lalu lintas, terutama yang menyebabkan fatalitas kecelakaan. Semua akan kita tegakan, dengan harapan supaya masyarakat lebih disiplin dan berbudaya dalam tertib berlalulintas dan taat aturan,” ujar Kasatlantas Polres Batang, AKP M Adiel Aristo , Selasa (31/10).
Adiel menjelaskan, pada pelaksanaan Operasi Zebra Candi nanti, pihaknya akan menindak para pelanggar yang menyalahi aturan kasat mata. Seperti tidak menggunakan helm, merubah spesifikasi motor, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arah, dan lain sebagainya.
“Pelaksaan Operasi Zebra nanti akan kita berlakukan dua cara, yakni cara Stasioner dan cara Hunting. Kalau cara hunting, biasanya kita mendapati suatu pelanggaran yang kasat mata. Sedangkan untuk cara stasioner nanti kita adakan razia di suatu tempat yang mempunyai potensi pelanggaran,” terangnya.
Lanjut Adiel, selain kelengkapan surat-surat seperti SIM dan STNK, sasaran pelanggaran dalam Operasi Zebra Candi ini yaitu Strobo/lampu isyarat, becak bermotor, TNKB/Plat nomor, knalpot bronk, helm standar SNI, KBM bak terbuka serta muatan/klas jalanan.
“Jadi, yang akan kita lakukan penindakan ini ialah seluruh bentuk pelanggaran lalu lintas. Tetapi kalau hanya pelanggaran seperti tutup pentil saja kita tidak akan menindaknya. Cuman pelanggaran yang umum saja,” katanya.
Kasat Lantas AKP M. Adiel Aristo juga mengatakan untuk titik lokasi yang akan dilaksanakan operasi akan dipusatkan di jalur Pantura Batang. Tidak menutup kemungkinan, semua lokasi yang sekiranya terdapat pelanggar lalu lintas dan tempat tempat yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Ia memastikan, Operasi Zebra Candi bukan momok bagi pengguna jalan. Karena itu, Adiel mengimbau pengendara untuk mempersiapkan kelengkapan surat-surat seperti SIM, STNK dan kelengkapan kendaraan sesuai dengan standar.
“Jadi pada intinya, patuhi saja peraturan lalu lintas, tidak usah khawatir. Kita hanya ingin meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan, serta menurunkan tingkat fatalitas,” tandasnya.

Share this

Koran online pekalongan dan sekitarnya adalah portal lokal wong pekalongan dan daerah sekitarnya yang bertujuan memberikan informasi berita berita lokal yang ada di pekalongan dan sekitarnya

Related Posts