Kasat Lantas Polres Batang : Faktor Terjadinya kecelakaan Karena Lalai Dalam Mengemudikan Kendaraan.

November 21, 2017
Pekalongan News
Kasat Lantas Polres Batang AKP Muhammad Adiel Aristo menyerahkan pin keselamatan berlalu lintas kepada perwakilan siswa sekolah
Batang - Kasat Lantas Polres Batang AKP Muhammad Adiel Aristo mengatakan salah satu faktor terjadinya kecelakaan yakni kelalaian dalam mengemudikan kendaraan. Adapun yang sering mengalami kejadian tersebut sebagian besar dari kalangan pelajar atau siswa sekolah. Makanya ketika menjadi pembina upacara bendera di SMK Ma'arif NU Tulis, dia berpesan kepada para siswa supaya selalu mematuhi dan tertib berlalu lintas.
''Siswa harus bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri,'' tandas dia, tadi pagi.
Dengan menerapkan sistem seperti itu, maka ketika berkendaraan di jalan raya akan selalu mentaati semua aturan yang berlaku. Misalnya, meski tidak ada petugas lalu lintas yang berjaga, tetap mengenakan helm pengaman saat berkendaraan. Kemudian apabila belum memiliki SIM, tanpa diperintah siapapun tak akan berkendaraan hingga ke jalan raya.

Aristo menyadari, para pelajar ini memang masih labil emosinya sehingga ketika ada yang ngebut, menjadi terpancing dan ikut-ikutan melajukan motornya dengan kencang. Hal ini jangan sampai terjadi karena bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Apalagi jika arus lalu lintasnya ramai, sangat rawan terjadinya kecelakaan.

Makanya saat upacara bendera, dia menyerahkan pin keselamatan berlalu lintas kepada perwakilan siswa sekolah. Harapannya, dengan mengenakan pin tersebut mereka akan selalu teringat bahwa 
dirinya menjadi salah satu bagian dari pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. Di samping itu 
bakal membudayakan disiplin dan mematuhi semua rambu-rambu yang ada di jalan raya.
''Kalau bisa menerapkan semuanya, berarti para siswa ini juga bakal selalu menghormati sesama pemakai jalan,'' katanya.
Selanjutnya dijelaskan, penerapan siswa harus jadi polisi bagi dirinya sendiri bukan hanya berlaku dalam tertib berlalu lintas. Namun juga bisa difungsikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terhindar dari semua bentuk tindak kejahatan. Misalnya ketika di lingkungannya ada yang mengonsumsi miras maupun jenis narkoba lainnya, sebisa mungkin menghindarinya.

Bahkan kalau memang sangat membahayakan lingkungannya, bisa melapor ke petugas keamanan setempat. Dengan demikian, mereka juga ikut membantu program jajaran kepolisian terkait ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Share this

Koran online pekalongan dan sekitarnya adalah portal lokal wong pekalongan dan daerah sekitarnya yang bertujuan memberikan informasi berita berita lokal yang ada di pekalongan dan sekitarnya

Related Posts