Bupati Batang Membuka Jambore Pesisir Di kawasan wisata Pantai Jodo

November 16, 2017
Pekalongan News
Bupati Batang Wihaji membuka jambore pesisir di kawasan wisata Pantai Jodo Dukuh Buntusari Desa Sidorejo Kecamatan Gringsing
Kabupaten Batang
Bupati Batang Wihaji membuka jambore pesisir di kawasan wisata Pantai Jodo Dukuh Buntusari Desa Sidorejo Kecamatan Gringsing, Rabu (15/11).

Kegiatan tersebut dalam rangka pembinaan mitigasi kerusakan lingkungan pesisir dan laut tahun 2017 yang di selenggarakan oleh Dinas Kelautan,perikanan dan peternakan Kabupaten Batang bekerjasama dengan pokdarwis setempat.

Turut hadir dalam pembukaan acara Jambore Pesisir tersebut Bupati Batang Wihaji, Dinas Perikanan Kelautan dan peternakan M. Taufik, Kepala BNN Kabupaten Teguh, Kepala BBBD Kabupaten Batang Maktuf, Muspika Kecamatan Gringsing, Persit, Bayangkari ranting Gringsing Polres Batang serta ratusan pelajar SMA 1 Gringsing, SMP 1, SMP 2, SMP 3 dan SMP 4 Gringsing.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Wihaji mengatakan jambore Pesisir ini sebagai upaya untuk membangun dan meningkatkan kesadaran kolektif masyarakat dan juga pelajar. Menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian laut serta ekosistem yang ada didalamnya.
“Kegiatan Jambore Pesisir yang dilakukan di Pantai Jodo merupakan wahana bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk belajar meningkatkan keterampilan berbagi pengalaman sekaligus mempraktekan secara langsung kegiatan pelestarian ekosistem pesisir, penanggulangan pencemaran pesisir, mitigasi bencana," kata Wihaji.
Menurutnya, Gerakan Cinta Laut (Gita Laut) dilaksanakan dalam beberapa kegiatan yaitu Gerakan Bersih Pantai, penanaman pohon cemara untuk mengatasi abrasi, serta edukasi bagi pelajar. Pohon cemara juga menjadi simbol tanaman bibir pantai yang keberadaanya dapat menambah keindahan pantai.

lanjut Bupati menjelaskan, garis pantai yang dimiliki kabupaten Batang membentang sepanjang 73 km dan ini merupakan kekuatan wisata di sektor pantai. Masyarakat minimal harus mempunyai 3 syarat untuk bisa mendatangkan wisatawan yaitu masyarakat yang welcome, kebersihan dan keindahan tempat wisata dan oleh oleh khas serta kuliner daerah tersebut.

M. Taufik kepala Dinas Perikanan Kelautan dan peternakan Kabupaten Batang menambahkan, tujuan jambore pesisir ini adalah salah satu upaya penyadaran peningkatan sadar bencana pesisir. Serta untuk menjamin pemanfaatan yang berkelanjutan tentang pentingnya kawasan pantai.
"Peran serta warga sangat penting bagaimana nantinya pengelolaan pesisir secara integritas untuk dapat mencegahan bencana," imbuh Taufik.
Nampak pula Kapolsek Gringsing Polres Batang Polda Jawa Tengah AKP Sugiyanto mendampingi Bupati dalam acara sekaligus akan memberikan materi pada peserta jambore.
Sejumlah personel gabungan dari Polsek Gringsing Polres Batang dan Koramil setempat mengamankan jalanya kegiatan itu.

Share this

Koran online pekalongan dan sekitarnya adalah portal lokal wong pekalongan dan daerah sekitarnya yang bertujuan memberikan informasi berita berita lokal yang ada di pekalongan dan sekitarnya

Related Posts