WaKil Bupati Batang Melaksanakan Ground Breaking Pembangunan Pasar Rakyat Desa Reban

August 26, 2017
Pekalongan News
Wakil Bupati Batang Suyono melaksanakan Ground Breaking atau peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Rakyat Desa Kecamatan Reban Kabupaten Batang  bertempat di jalan Reban - Limpung KM. 1
Kabupaten Batang 
Wakil Bupati Batang Suyono melaksanakan Ground Breaking atau peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Rakyat Desa Kecamatan Reban Kabupaten Batang  bertempat di jalan Reban - Limpung KM. 1, Kamis (24/8/17).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Batang mengatakan pasar tradisional atau pasar rakyat harus mampu bersaing dengan pasar modern, maka salah satu agenda penting Pemda Batang adalah program merevitalisasi pasar tradisional atau pasar rakyat.
“Dengan revitalisasi pasar rakyat menjadi pasar semi modern agar mampu bersaing dengan pasar modern, selain itu juga dapat meningkatkan dan mendongkrak perekonomian rakyat untuk bersaing tentunya," kata Wakil Bupati Suyono.
Peta perekonomian di Kabupaten Batang makin meluas dan perekonomian masyarakat di sekitar pasar akan terdongkral dan meningkat dengan adanya revitalisasi  pasar rakyat.
“ Ditambahnya perluasan Pasar yang akan di bangun adalah pasar semi modern tentunya di sertai pula bertambahnya pedagang sehingga diharapkan mampu menggerakan perekonomian di Kecamatan Reban,” jelas Wakil Bupati Suyono.
Dijelaskan juga oleh Wabup, untuk kemanan kami harapkan di pasang juga CCTV,  sehingga pasar rakyat ini bisa di jadikan percontohan nantinya.

Fasilitas penunjang lainnya seperti area parkir, tempat menyususi, kamar mandi, dan  ruang pendingin yang tentunya untuk kelengkapan pasar.
  
“Karena pasar ini di kelola oleh Desa harus ada menejemen yang baik, dan kami harap nantinya pasar sebagai pasar rakyat percontohan dan pusat study banding pasar desa yang lain serta menjadi destinasi wisata pasar dengan berbagai potensi dan kreatif inovatif pedagang dan pengelola,” Pinta Suyono.

Disampaikan juga oleh Wakil Bupati Suyono, Pemerintah daerah akan tegas tidak memberikan ijin usaha  minimarket untuk wilayah Kecamatan Reban, karena sudah ada satu di Kecamatan Reban hal ini untuk pasar rakyat tidak terlalu bersaing dengan pasar – pasar modern.
“Kedepan kita juga akan fokus untuk merevitalisasi pasar – pasar rakyat di Kecamatan yang lainya, karena kita semangatnya guyub rukun membangun ekonomi kerakyatan," pungkasnya.
Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang, M. Isnanto mengatakan,  proyek pembangunan pasar rakyat Kecamatan  Reban menggunakan dana Tugas Pembantuan Pengembangan Sarana Distribusi Pedagangan dan Kapasitas Logistik Perdagangan  Kementrian Perdagangan dengan nilai kontrak Rp, 4,9 Milyar.
“Pembangunan Pasar memiliki waktu 3 bulan yang diharapkan sudah dapat jadi, Untuk itu mari kita kawal proyek ini secara bersama agar selesai tepat waktu, tepat guna dan tepat mutu serta setelah pembangunan pasar selesai untuk pengelolaan pasar akan kami serahkan ke desa dan akan kami tetap akan melakukan pembinaan,” kata Isnanto 
Isnanto juga menyampaikan, karena luasan pasar bertambah sehingga nanti ada kurang lebih 200 pedagang yang terdiri dari los dan kios, namun jumlah pedagang di pasar lama sekitar 153 pedagang kami harap ada pedagang baru untuk memiliki kios maupun los.

Nampak Kapolsek Reban Polres Batang Polda Jawa Tengah menghadiri kegiatan tersebut. Sementara itu sejumlah personel Polsek Reban Polres Batang mengamankan jalannya acara tersebut.

Share this

Koran online pekalongan dan sekitarnya adalah portal lokal wong pekalongan dan daerah sekitarnya yang bertujuan memberikan informasi berita berita lokal yang ada di pekalongan dan sekitarnya

Related Posts