0 Comment
Mendekati pertengahan puasa bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok lebaran khususnya sayuran sudah sudah turun drastis dibanding sebelum bulan puasa. Dari hasil pantauan harga di Pasar Grogolan Kota Pekalongan, untuk beberapa komoditi seperti cabai dan bawang putih mengalami penurunan secara tajam.

Untuk harga cabai merah saat ini dijual dengan harga Rp 14 ribu perkilo sedangkan bawang putih menjadi Rp 35 ribu perkilo, turun dari harga sebelumnya yang mencapai Rp 55-60 ribu perkilo.

Cabai rawit di Pasar Grogolan terpantau Rp 15 ribu perkilo, kubis Rp 7000 perkilo, bawang solong atau bawan daun Rp 7000 perkilo, wortel Rp 12 ribu perkilo dan Caisin Rp 4000 perkilo.

Menurut salah satu pedagan Pasar Grogolan yang dikenal dengan Desy sayur, turunya beberapa komoditas seperti cabai dan sayuran lainya dikarenakan pasokan dari petani melimpah.
"Kita dapat pasokan banyak dari petani di Wonosobo, semua komoditas asal Wonosobo hampir semuanya turun harga," ungkap Desy saat disambangi di lapaknya.
Desi menjelaskan, saat hasil bumi terutama kelompok sayuran dari petani Wonosobo sudah membanjiri pasar sehingga masyarakat yang ingin mencukupi kebutuhan lebaran sangat tercukupi.

Dibanding sebulan sebelumnya, hampir semua harga sayuran harganya melejit, namun setelah memasuki bulan puasa sejumlah harga sayuran mulai turun.
"Kalau semua pasokan lancar dan melimpah biasanya harga akan turun dan daya beli masyarakat menjelang lebaran ini akan meningkat lagi," terang Ibu satu anak yang sering menjadi narasumber bagi para awak media.
Kendati beberapa komoditas turun drastis, kata Desy, namun masih ada juga beberapa yang mengalami kenaikan meski tidak signifikan semisal kemiri pecah dan kemiri gelondongan.
"Untuk kemiri pecah sebelumnya dijual Rp 25 ribu sekarang dijual dengan harga Rp 27 ribu perkilo, naik Rp 2000 dari harga sebelumnya," ujar Desy.
Begitu juga dengan harga kemiri gelondongan yang sebelumya dijual dengan harga Rp 32 ribu, sekarang menjadi Rp 35 ribu perkilo. Naik Rp 3000 dari harga sebelumnya.

Post a Comment Blogger

 
Top