1 Comment
pekalongan-nerws.com
Puluhan perangkat kelurahan mendapatkan pelatihan IT untuk meningkatkan pelayanan publik di ruang BLC Kantor Diskominfo Kota Pekalongan 
Kota Pekalongan
Sebanyak 27 orang perangkat kelurahan dari 27 Kelurahan yang ada di Kota Pekalongan mengikuti pelatihan berbagai aplikasi berbasis Open Source yang digelar Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Selasa (2/5/17) di ruang Broadband Learning Centre (BLC) Kantor Diskominfo Kota Pekalongan.

Dalam kesempatan pelatihan tersebut, peserta diberikan materi berbagai aplikasi seperti aplikasi Simpatik yang akan memudahkan masyarakat mengurus dokumen tanpa harus datang ke Kecamatan.

Selain itu diberikan pula pelatihan aplikasi gimp untuk mengolah atau mengedit foto yang diperlukan dalam bidang advertising seperti membuat desaign spanduk.

Kepala Diskominfo Kota Pekalongan Sri Budi Santoso menyampaikan, Pemanfaatan teknologi informasi atau IT di tingkat Kelurahan akan memastikan pelayanan publik jadi lebih baik.
"Dalam pelatihan ini kita manfaatkan SDM di tingkat kelurahan untuk mendorong pemanfaatan IT dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.
Secara bertahap pelayanan publik dengan memanfaatkan IT yang berbasis Open Source akan terus dilakukan terutama di tingkat kelurahan. 

Sebab pelayanan publik di tingkat kelurahan, kata Sri Budi,  merupakan ujung tombak Pemerintah Kota Pekalongan dalam memberikan layanan kepada masyarakat secara mudah dan cepat.

Sri Budi menjelaskan, untuk mendukung IT maupun berbagai aplikasi yang ada agar bisa dimanfaatkan oleh seluruh perangkat kelurahan yang ada di Kota Pekalongan, pihaknya menggandeng Komunitas TIK dan relawan untuk membantu transfer pengetahuan berikut pendampinganya.
"Sehingga nantinya mereka akan terbiasa dan selalu menggunakan aplikasi yang diberikan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat," terangnya.

Post a Comment Blogger

 
Top