0 Comment
pekalongan-news.com
FKPR bersama Lapan dan Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan serius menagani rob di wilayah utara Kabupaten Pekalongan
Kabupaten Pekalongan
Forum Komunitas Peduli Rob (FKPR) yang digagas oleh masyarakat perantauan asal Wonokerto, Kabupaten Pekalongan berkomitmen dengan memberikan sumbangsih sekaligus membantu pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk mengatasi persoalan rob.

Ketua FKPR, Mujio Sukir mengatakan, pihaknya berkepentingan mengatasi persoalan bersama pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui kajian dan penelitian mendetail dengan melibatkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).
"Kami melalui Lapan menyediakan foto atau citra satelit untuk mendeskrepsikan mengapa sampai terjadi rob di wilayah pantura," ucap Mujio lusa lalu di Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan.
Selain itu, kata Mujio, pihaknya juga akan mencarikan donatur untuk membantu membiayai penanganan rob dan dalam waktu dekat akan melakukan pengambilan gambar dokumenter dengan subjek rob itu sendiri.
"Kita juga akan hitung berapa kerugian rob sebenarnya dengan melakukan pendataan informasi secara detail dan komperensif," jelasnya.
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menegaskan dengan keterlibatan Lapan ikut membantu mengadakan penelitian untuk mengungkap dan menangani bencana rob, menjadikan program penanganan rob di wilyah utara Kabupaten Pekalongan menjadi lebih serius.
"Mereka telah mencitrakan kondisi pantai wilayah utara melalui foto satelit sejak tahun 2008 hingga sekarang dan dengan adanya lembaga seperti Lapan saya yakin ini akan cepat didapatkan solusi," ungkap Bupati.
Selanjutnya, kata Bupati, Lapan akan mengadakan penelitian selama 10 hari di lokasi dan dari hasil penelitian tersebut akan dijadikan 
road map atau peta jalan penanganan rob menggunakan teknologi.
"Semoga saja di tahun 2017 peta jalan penanganan rob akan membuahkan hasil dan harapanya tahun 2018 persoalan rob bisa diatasi," tandasnya.

Post a Comment Blogger

 
Top