0 Comment
pekalongan-news.com
Aksi gropyok warga bersama Babinsa Koramil 05/Pekalongan di persawahan Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Rabu (22/2/17)
Kabupaten Pekalongan
Tikus sawah yang selama ini meresahkan petani dimusnahkan dalam aksi massa yang dilakukan oleh puluhan warga, kelompok tani dan personil Koramil 05/Pekalongan di Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Rabu (22/2/17).

Karya bhakti gropyok tikus terpaksa dilakukan setelah petani merasakan dampak dari hama hewan pengerat tersebut semakin merajalela.

Babinsa Desa Pantirejo, Sertu Mudji mengatakan, warga setempat sepakat untuk memusnahkan hama tikus sampai ke liang-liang persembunyianya.
"Dengan peralatan seadanya kami akhirnya memusnahkan hama tikus yang berada di lokasi persawahan Desa Pantirejo," ujar Mudji.
Tak hanya warga, kelompok tani dan anggota Koramil, aksi gropyok tikus juga diikuti oleh para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Bahkan aksi tersebut juga menarik perangkat Desa setempat untuk berpartisipasi.

Hasilnya, ratusan tikus sawah  berbagai ukuran berhasil dimatikan sebelum nantinya dibakar dan dikubur. 

Salah seorang anggota kelompok tani Lohjinawe mengaku sudah geram dengan kerusakan yang ditimbulkan oleh tikus sawah yang selalu mengerat batang padi.
"Akibatnya banyak tanaman kami mbusuk lebih dulu sebelum kami panen," ungkapnya.
Beruntung, niat warga untuk memusnahkan hama tikus sawah mendapat sambutan baik dari Babinsa yang selanjutnya mengerahkan anggotanya.
"Kami tanggap, sebagai anggota di lapangan harus mengawal petani untuk bisa menghasilkan panen yang melimpah sesuai perintah komando atas," imbuh Mudji.

Post a Comment Blogger

 
Top