Meriah Peringatan Hut Kabupaten Pemalang Ke-442

January 25, 2017
Peringatan Hari Jadi ke-442 Kabupaten Pemalang diawali dengan serangkaian kegiatan sebagaimana dalam peringatan tahun sebelumnya. Selain ziarah ke makam leluhur, yakni para Bupati di masa lalu serta ziarah ke petilasan Pangeran Benawa dilanjutkan dengan puncak acara yang berlangsung di Pendopo Kabupaten.

Rangkaian kegiatan sendiri dimulai Selasa pagi 24 Januari 2017 dengan diawali kirab Kereta Kencana dari kompleks Makam Pangeran Benawa di Desa Penggarit Kecamatan Taman menuju Pendopo Kabupaten yang berjarak sekitar 8 Km.

Prosesi ini mendapat sambutan meriah ribuan warga Pemalang, terutama daerah yang dilalui arak-arakan kereta kencana dengan penumpang Bupati Pemalang, Junaidi. 

Ribuan warga membaur berdiri menjajar di sepanjang rute yang dilalui kereta kencana. Sementara ruas jalan yang dilewati rombongan Bupati dimulai dari areal kompleks makam melintasi Jalan Taman Pahlawan lalu Jalan DI Panjaitan, Jalan Gatot Subroto Sirandu, Jalan A Yani, Alun-alun, lalu Jalan Surohadikusumo dan masuk halaman pendopo.

Urutan iring-iringan kereta adalah Pasukan inti Kabupaten berada di depan kereta yang ditumpangi oleh  Bupati. Menyusul kemudian pasukan pengawal kereta kedua yang ditumpangi Wakil Bupati. Berjalan paling depan adalah seorang perwira angkatan perang yang berjulukan Manggalayudha. Semua peserta kirab mengenakan busana Jawa tempo dulu yang didominasi warna hitam.

Setiba di halaman pendopo, peserta iring-iringan pun mengambil tempat di kursi yang telah tersedia. Pun demikian Bupati Pemalang Junaedi dan Wakil Bupati Martono. 

Tepat pukul 11.00 siang, acara lanjutan dimulai, yakni puncak acara : Sidang Paripurna Istimewa. Kegiatan yang bernuansa sakral ini dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Sekda beserta jajaran OPD, Pimpinan Forkopinda, Anggota DPRD Pemalang dan ratusan undangan lainnya.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke-442 mengusung motto yang inspiratif. Yakni, ‘Dengan Spirit Pemalang Pusere Jawa Mari Bersama Kita Wujudkan Pemalang Hebat’. Rangkaian kata-kata penggelora semangat ini terpampang dalam spanduk yang dipasang diatas pintu gerbang masuk Pendopo Kabupaten.

Kabupaten Pemalang memang harus berjuang dengan penuh semangat agar kedepan benar-benar dapat terwujud ‘Pemalang Hebat’. 

Share this

Related Posts