googlesyndication.com

2 Comment
Kejar Akseptor, Polresta Pekalongan Siapkan Personil Vasektomi
Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Enrico S Silalahi bersama Bagian Kesehatan Polda Jateng, AKBP Dira dan Direktorat Bimbingan Masyarakat Polda Jateng, Kompol Syarif mengecek kesiapan pelaksanaan lomba KB Kes HUT Bhayangkara ke 70 di Puskesmas Bendan, Kota Pekalongan, kemarin

Kota Pekalongan
Pemerintah Pusat menargetkan laju pertambahan penduduk Indonesia sebesar 2 persen, untuk mengejar target tersebut beberapa hal telah dilakukan salah satunya dengan mengadakan MoU dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Pengendalian jumlah angka kelahiran di Indonesia telah menjadi bagian tidak saja Polri akan tetapi juga menjadi program bersama dengan pemerintah daerah. Melalui melalui Lomba KB Kes HUT Bhayangkara Polres Pekalongan Kota, menjaring lebih banyak akseptor dari anggota dan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Enrico Sugiharto silalahi usai membuka kegiatan pelaksanaan penilaian Lomba KB Kes HUT Bhayangkara oleh tim penilai dari Polda Jateng yang dipusatkan di Puskesmas Bendan Kota Pekalongan, Jum'at (27/5/16)

Baca Juga Jabat Sebagai Kapolres Baru Kota Pekalongan, Ini Yang Dikatakan AKBP Enrico S Silalahi.

Kapolres menilai, kesuksesan program pengendalian angka kelahiran 2 persen sangat bergantung pada peran serta masyarakat dan pemerintah daerah.
"Semakin banyak akseptor semakin baik, selain dari anggota kepolisian sendiri, banyaknya akseptor dari masyarakat Kota Pekalongan sangat diharapkan," ujar Kapolres.

Bahkan, Menurut Kapolres, pihaknya telah mengantongi sejumlah nama anggota yang siap malakukan vasektomi untuk ikut berperan serta mensukseskan pro gram tersebut.

"Ada datanya. Saya tak ingat jumlahnya. Yang jelas lumayan banyak. Dan vasektomi termasuk yang memiliki point tertinggi dalam penilaian nanti," ungkap Kapolres.
Sementara itu, Direktorat Bimbingan Masyarakat Polda Jawa Tengah Kompol Syarif dan Bagian Kesehatan Polda Jateng AKBP Dira mengatakan, pihaknya akan berkeliling ke beberapa Polres di Jateng seperti, Polres Sragen, Blora, Grobogan dan Tegal Kota.
"Hari ini Polres Pekalongan Kota, kemarin ke Polres Purworejo. Ini sebenarnya kegiatan sudah lama. Kalau dulu perwakilan diambil 1 dari masing-masing Polwil. Sekarang Seluruh Polres," ungkap Dira.
Dira menjelaskan, seluruh jajaran dikerahkan semua setelah sebelumnya dicanagkan di Semarang. Kita berharap Babinkamtibmas di daerah dan wilayahnya dapat mendata serta dapat menjaring banyak akseptor.
"Karena kita tahu, selama ini program KB di Masyarakat ada kecenderungan menurun. Sedangkan tingkat pertumbuhan penduduk secara nasional terus meningkat. Hal ini tentunya menjadi permasa lahan dalam pemenuhan lapangan pekerjaan dan peningkatan kesejahteraan bagi keluarga," beber Dira.
Yang jelas, sambung Dira, komitmen pemerintah daerah dan jajaranya terma suk tadi saya lihat dari DPRD untuk sama-sama mensukseskan program KB Nasional.
"Dari 6 Polres yang akan kita nilai nanti, tidak hanya berapa banyaknya jumlah akseptor yang menjalani program KB suntik, IUD Spiral, Vasektomi, Suntik Implan dan Operasi Medis Pria serta Operasi Medis Wanita semata, akan tetapi seberapa kuat dukungan dari pemdanya, SKPDnya, DPRD dan masyarakatnya," tandas Dira.

Post a Comment

 
Top