googlesyndication.com

2 Comment
50 Anggota Pramuka Penegak Dan Pendega Saka Wira Kartika Dikukuhkan
Pengukuhan 50 anggota pramuka saka wira kartika dilakukan oleh Pasi Ter 0710/Pekalongan Kapten Inf  Sunarto berlangsung di halaman Makodim kemarin
Kota Pekalongan
Sebanyak 50 anggota Pramuka yang terdiri dari Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega dikukuhkan menjadi anggota Satuan Karya Pramuka Wira Kartika Kodim 0710/Pekalongan. Upacara pengukuhan dilaksanakan di halaman Makodim yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim Letkol Inf Riza Anom Putranto sedang pengukuhan sendiri dilakukan oleh PasiTer 0710/Pekalongan, Kapten Inf Sunarto.

Dalam kesempatan tersebut pemimpin upacara, Dandim Letkol Inf Riza Anom Putranto menyampaikan, bahwa Satuan Karya Pramuka Wira Kartika bersifat nasional.
"Saka yang terbentuk lewat kerja sama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat, bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara," ucap Dandim di hadapan peserta.
Saka Wira Kartika, lanjut Dandim, merupakan wadah bagi para pramuka baik itu penegak dan pendega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.
"Matra darat artinya, segala aktivitas dan kegiatan dilakukan dengan secara terorganisir, baik perorangan maupun kelompok dalam memanfaatkan kondisi alam di darat seperti, di hutan, gunung, rawa dan sungai," tutur Dandim.
Selain itu, sambungnya, gerakan pramuka juga bisa berfungsi sebagai lembaga pendidikan luar sekolah, dalam salah satu gerakanya adalah menyelenggarakan segala usaha untuk mencapai tujuan gerakan pramuka yang menasional.
"Usaha-usaha untuk mencapai tujuan nasional itu, gerakan pramuka harus diarahkan pada pengembangan dan pembinaan watak, mental, moral, jasmani, bakat, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan," paparnya.
Disimpulkan Dandim, kegiatan yang dilakukan pramuka harus dijalankan sebanyak mungkin dengan praktek secara praktis.
"Atau menggunakan sistem pamong dan prinsip-prinsip dasar metode pendidikan kepramukaan," terangnya.
Disebutkan, kegiatan pengukuhan anggota pramuka Saka Wira Kartika yang baru merupakan kegiatan berkesinambungan selain itu pula bisa menjadi media menanamkan jiwa kepramukaan sejati.
"Para pendahulu pramuka sudah memulainya khususnya Saka Wira Kartika, jadi saya harapkan calon anggota pramuka Saka Wira Kartika dapat melaksanakan tradisi pengukuhan ini dengan baik. Serta mengi kuti petunjuk dan arahan dari pelatih serta untuk  selalu menjaga ke sehatan dan keamanan selama prosesi pengukuhan" kata Dan dim mengakhiri.

Post a Comment

 
Top