googlesyndication.com

0 Comment
2018, Ruas Jalan Tol Pemalang-Batang Dan Batang-Semarang Selesai
Ir Subagyo Direktur Bina Teknik Binamarga
Batang
Dari seluruh ruas jalan tol di seluruh Indonesia yang ditarget harus selesai pengerjaanya dalam 5 tahun ini, hanya jalan tol lintas Jawa yang paling jauh tertinggal, di antaranya ruas Pemalang-Batang dan Batang Semarang, lainya sudah di atas 70 persen sementara didua ruas yang semuanya melewati wilayah Kabupaten Batang baru akan memasuki tahap pembebasan tanah yang ditargetkan rampung tahun 2016. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi antara Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Satuan Kerja Staf Ahli Bidang Infrastruktur dan Investasi Wakil Presiden dan dua Kepala Daerah Kabupaten batang dan kabupaten Pekalongan di aula Kantor Bupati batang, Senin (8/6/15).

Menurut Direktur Bina Teknik Binamarga Kementrian PUPR, Ir Subagyo, terdapat Daftar Isian Pelaksana Anggaran (Dipa) sebesar 4 triliun di tambah 1 triliun dari landscaping dan 2,3 triliun dari Badan layanan Umum (BLU).

" Jadi sudah cukup Banyak anggaran tersebut untuk melakukan proses dari pembebasan lahan dan pengerjaan ruas Pemalang-batang sepanjang 39 Kilometer dan ruas Batang-Semarang sepanjang 75 Kilometer apalagi kita amat terbantu dengan adanya penyerahan lahan PTPN IX seluas 95 hektar untuk pengerjaan jalan tol," ucapnya.

Kendati lahan PTPN IX yang diserahkan nanti seluas 95 hektar, lanjutnya, namun pihaknya akan segera melakukan pembayaran setelah tim appreisal selesai menghitung angkanya.

" Sedang lahan milik masyarakat tim appreisal nanti yang akan menghitungnya, karena kami tidak ikut-ikut, semua kami serahkan kepada tim appreisal dan kami hanya mempunyai kewajiban membayar,kita juga menggandeng BPN Kanwil untuk mempercepat proses itu dan targetnya 2017 sudah selesai " jelasnya.

Usai acara, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Infrastruktur dan Investasi Muhammad Abduh ketika ditemui media menjelaskan, Insya Allah dalam waktu 2 atau 3 tahun semua trase yang melintasi Jawa sudah bisa selesai.

" Pokoknya nanti sebelum Kabinet Indonesia Hebat berakhir anda bisa lihat  dari jakarta ke surabaya jarak tempuhnya hanya memakan waktu 6 sampai 10 jam," ujarnya.

Sementara itu Bupati Pekalongan Amat Antono dalam kesempatan sama menyampaikan, pihaknya hanya meminta kepastian kapan pengerjaan jalan tol di mulai.

" Saya hanya menegaskan tentang kepastian percepatan pengerjaanya karena rakyat sudah menunggu, rakyat jangan dijanjikan saja, saya meminta karena mewakili rakyat saya," terangnya.


Post a Comment

 
Top