0 Comment
Perayaan Cap Go Meh, Berkat Presiden Gus dur
Perayaan Cap Go Meh Pekalongan

PEKALONGAN 
Ribuan warga Kota Pekalongan, Rabu (4/3) siang memadati jalur protokol pantura yang dilewati pawai Perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, yang diselenggarakan oleh warga keturunan Tionghoa di Kota Pekalongan dipusatkan di Klenteng Po An Thian. Acara diawali dengan pembacaan doa dan mantra pada arca 9 dewa. Kemudian para Dewa diarak keliling beberapa jalan di Pekalongan dengan ditandu. Mulai dari Klenteng Po An Thian, di Jalan Blimbing, hingga Jalan Salak dan Sultan Agung.

Dari pengakuan beberapa warga yang bersuka cita dengan pawai tersebut, Sindarta, 50, pemilik toko Lisa Collection di jalan Salak. Kembali diadakannya acara tersebut karena berkat Presiden Gusdur.
”Dulu peringatan Cap Go Meh sering kami rayakan, sejak leluhur kami, sehingga sejak saya kecil sudah terbiasa. Namun sempat dilarang bertahun-tahun saat era Soeharto. Kini berkat Presiden Gus Dur kami bisa merayakannya kembali,” tuturnya ceria.
Sama halnya para pemilik pertokoan di sepanjang jalan yang akan dilewati pawai Cap Go Meh, Sindarta juga sudah menyiapkan sejumlah angpau yang ditempatkan diatas pintu masuk pertokoan untuk diambil oleh barongsai. Mereka berharap tahun kambing kayu ini bisa membawa berkah.
Laura, 26, warga Jalan Sultan Agung Kota Pekalongan mengungkapkan hal yang sama dengan menyiapkan sejumlah angpau di depan pintu masuk toko miliknya, maka diyakini akan membuka rejeki di tahun yang akan datang.
 “Intinya kami ingin berbagi dan beramal, karena semakin banyak kita beramal, banyak juga rejeki yang kita dapatkan,” ungkap Laura.
Sementara itu Wakil Wali Kota Pekalongan, Alf Arslan Junaid, yang membuka acara tersebut, menuturkan, perayaan karnaval kirab Cap Gomeh, sudah dimasukan sebagai agenda tahunan di Kota Pekalongan, sehingga bisa dijadikan salah satu atraksi wisata, yang harus dipromosikan.
“Acar seperti ini cukup bagus, karena juga berpotensi wisata bagi Pekalongan,” ujar calon Walikota tersebut.
Dalam pembukaan acara kemarin juga dihadiri beberapa tokoh masyarakat,s eperti Habib Luthfy bin Yahya, Kasdim, pengusaha Soleh Dahlan, Ketua KONI Ricsa Mangkula, beberapa anggota dewa dan SKPD terkait.(han)

Post a Comment Blogger

 
Top