googlesyndication.com

1 Comment
Imla Canangkan Riset Untuk FKPBA

Sampaikan Materi: Sekjen imla karesidenan Pekalongan Muhandis Zuhri menyampaikan materi dalam seminar yang digelar bersamaan dengan Kongres II FKPBA Nasional di gedung pemuda, Kajen (16/2) lalu.
Kabupaten Pekalongan
Pemersatuan mahasiswa pendidikan bahasa arab (PBA) se-Nusantara melalui Forum Komunikasi Pendidikan Bahasa Arab Nasional (FKPBA Nasional) mengundang perhatian Ittihadu Mudarrisul Lughotil Arobiyah (IMLA) atau Persatuan Dosen Pendidikan Bahasa Arab untuk melibatkannya dalam berbagai kegiatan riset. Sebab munculnya forum yang baru memasuki tahunnya yang ke-dua tersebut mampu menjaring sekaligus menjadi pelopor kegiatan riset mahasiswa PBA se Nusantara.

Ketua Imla Indonesia Prof. Dr. Taufik Dardiri melalui Sekjend Imla Karesidenan Pekalongan, Muhandis Zuhri mengatakan bahwa dalam dua tahun sekali Imla’ memprogramkan sebuah pertemuan dosen PBA internasional yang mengkaji berbagai jurnal-jurnal penelitian. Dengan bersatunya mahasiswa PBA dalam sebuah forum nasional tersebut, kata Muhandis  sangat berpengaruh terhadap kemajuan PBA di indonesia. Sebab bisa terbentuk sebuah garis komunikasi yang berkelanjutan, sehingga dapat turut terlibat dalam pertemuan tersebut.

“Imla memang dibawahi langsung oleh Kemenag, tapi tidak hanya dosen yang tergabung dalam IMLA saja tentunya yang bisa melakukan penelitian-penelitian ke luar negeri, anggota FKPBA pun bisa,” kata Muhandis dalam Kongres II dan Seminar Nasional FKPBA Nasional, di Gedung Pemuda Kajen Senin (16/2) lalu.

Sementara ketua FKPBA Nasional, Imron Rosyadi mengatakan bahwa sejak berdirinya Forum tersebut, puluhan Universitas yang terdapat jurusan PBA yang tersebar di Indonesia sudah masuk dalam keanggotaannya, kecuali indonesia bagian timur.

“Perwakilan universitas di jawa sudah semua tergabung, kemudian sumatra, bahkan sulawesi. Hanya saja untuk Indonesia bagian timur yang masih kami komunikasikan. Seperti maluku, ambon dan papua. Sehingga ke depan, selain pengembangan SDM anggota, kami juga akan mengembangkan jaringan-jaringan tersebut,” kata Imron.

Ia melanjutkan bahwa di univeristas se indonesia banyak terdapat jurusan bahasa arab, seperti sastra arab, budaya arab dan sebagainya. namun kata imron FKPBA hanya mengfokuskan terhadap pendidikan saja, yakni PBA.

“Sudah ada banyak forum-forum mahasiswa bahasa arab, namun FKPBA lebih fokus di pendidikannya dengan dinaungi langsung oleh Imla, sedangkan FKPBA berkordinasi dengan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) PBA di masing universitas” lanjut mahasiswa IAIN jember itu.

Untuk agenda selanjutnya, FKPBA bersama Mahasiswa PBA di IAIN Syeh Nur Jati Cirebon akan menggelar lomba bahasa arab tingkat nasional. Meliputi puisi, pidato, cerdas cermat, hingga debat yang semuanya menggunakan bahasa arab.

"kongres ini, STAIN Pekalongan sebagai tuan rumahnya, namun ke depan IAIN cirebon bebarengan dengan lomba-lomba bahasa arab," ungkapnya.

Post a Comment

 
Top