googlesyndication.com

0 Comment

Siap Diterjunkan Bantu Petani, Babinsa Di Jajaran KODIM 0710/Pekalongan Dibekali Pengetahuan Tekhnik Pertanian
Jajaran KODIM 0710/Pekalongan

Kota Pekalongan

Dalam rangka mendukung dan mensukseskan Program pemerintah di bidang Peningkatan Ketahanan Pangan Nasional, Kodim 0710/Pekalongan melaksanakan Sosialisasi Program Ketahanan Pangan Tahun 2015 yang dilaksanakan pada hari Rabu, (7/1/15) di Ruang Serba Guna Makodim 0710/Pekalongan. Sebelum kegiatan penyuluhan Dandim menyerahkan secara simbolis bibit kelapa dan ketela kayu kepada babinsa yang akan ditanam di koramil 07/Wonopringgo.

Dihadapan 200 orang peserta, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Riza Anom p, SIP memerintahkan kepada Para Babinsa agar betul – betul turun kelapangan guna membantu para petani dalam pemanfaatan lahan – lahan tidak produktif (lahan tidur),

" saya perintahkan segenap jajaran TNI terutama Babinsa untuk berperan sebagai partner dan penyuluh bagi para petani dan lainya agar permasalahan yang dihadapi para petani bisa teratasi." terangnya.
Dandim berharap, agar lahan tidur dimanfaatkan menjadi lahan pertanian, perikanan dan peternakan yang produktif sehingga dapat mengoptimalkan hasil pertanian di wilayah Kota dan Kab. Pekalongan agar kesejahteraan petani dan ketahanan pangan nasional dapat terwujud.

" kalau TNI dan Rakyat dalam hal ini para petani mampu menggarap sektor di bidang pangan dengan sumber daya yang ada, bukan tidak mungkin kita akan mandiri di bidang pangan seperti di masa lalu." jelasnya.
Pada tahun 80-an kita sebagai Negara pengekspor beras ke negara tetangga, namun sekarang ini terbalik kita menjadi Negara pengimpor beras. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor antara lain lahan pertanian yang semakin sempit karena pembangunan pabrik, perumahan, perkantoran dan sebagainya.
Di samping itu hama padi yang sulit di berantas serta pola tanam yang tidak serentak serta Varitasi padi yang berbeda-beda membuat hasil panen jadi tidak maksimal.

" Melalui kegiatan ini di harapkan para Babinsa bersama-sama turun kelapangan membantu para petani sehingga di harapkan hasil panen padinya meningkat." ujarnya.

Di tempat yang sama, para Babinsa juga diberi pelatihan, pengetahuan dan  penyuluhan dari DPPK Kota Pekalongan DPPK Kabupaten Pekalongan sebagai bekal untuk turun di lapangan nantinya.

Sukamto dan Suratno selaku penyuluh dari DPPK Kota Dan Kabupaten Pekalongan mengungkapkan Pangan adalah salah satu bagian dari kebutuhan dasar manusia atau basic human need, untuk itu ketahanan pangan menjadi isu utama dan menjadi persoalan yang harus segera diselesaiakan secara tuntas.

" sesuai dengan anjuran Dandim, kami bekali para Babinsa dengan keahlian  tentang Teknik budi daya tanaman padi." imbuhnya.

Sejalan dengan program Pemerintah dalam peningkatan ketahanan pangan untuk dalam menuju swasembada yang berkelanjutan, Diperlukan kerjasama dalam segala bidang dan antar stake holder karena saat ini Indonesias masih ada kerentanan di bidang pangan.

" Jika sampai terjadi kerawanan pangan di masyarakat maka dampak yang ditimbulkan beresiko fatal seperti kerawanan kamtibmas dan stabilitas nasional dapat terganggu." pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi yang berjalan sehari diikuti oleh Para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0710/Pekalongan baik yang ada di Kota maupun Kabupaten Pekalongan.

Post a Comment

 
Top