0 Comment
Pemalang
Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke-440 dipastikan bakal meriah lantaran Panitia Pelaksana melibatkan berbagai kesenian tradisional yang masih dilestarikan masyarakat di seluruh wilayah kabupaten yang berdiri pada 24 Januari 1575.

Andi Rustono

Ketua Dewan Kesenian Pemalang (DKP) Andi Rustono mengatakan, pada peringatan tahun ini DKP masuk dalam struktur kepanitiaan. 

“Jadi ini merupakan tonggak sejarah dimana untuk kali pertama panitia melibatkan orang luar sekaligus memberikan kesempatan para pelaku seni untuk berkiprah,”  tutur dia di sanggar seni Lintang Kemukus, Sirau Paduraksa, Senin 29 Desember.

Dikatakan, peringatan hari jadi tahun ini kesenian tradisional banyak dilibatkan. Misalnya saja untuk tanggal 24 Januari 2015 akan ditampilkan kesenian Keboijo (Petarukan), Brendung (Comal), Kuntulan dan Calung (Randudongkal). Pada hari yang bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke-440 tersebut juga akan ditampilkan 40 grup kesenian Sintren dan 5000 Ebeg yang akan memecahkan Rekor Muri.
“Kirab kesenian akan diberangkan dari Sirandu menuju Alun-alun dan keliling kota,” tutur Andi Rustono menambahklan.


Selanjutnya, masih menurut  dia, kegiatan kesenian juga akan dilaksanakan pada esok harinya, tanggal 25 Januari 2015. Sejak pagi hari ditampilkan konser Musik Reggae. Sedangkan malam harinya akan digelar Konser Jazz. Kedua konser musik ini digelar di Taman Wisata Pantai Widuri.

Menurut Andi Rustono, Pemkab pemalang kali ini benar-benar mengajak para pelaku seni yang tergabung dalam sanggar yang ada. DKP sebagai wadah organisasi insan seni juga dilibatkan dalam kepanitiaan.  “Ini merupakan tonggak sejarah dimana insan seni dilibatkan dalam kepanitiaan dan perayaan peringatan hari jadi kabupaten,” pungkasnya.

Budi Haryanto
Secara terpisah Ketua Karang Taruna Kabupaten Pemalang, Budi Haryanto,  berharap perayaan peringatan hari jadi ruh-nya benar-benar bisa dinikmati masyarakat. 

“Pada hari tersebut masyarakat betul-betul merasakan hari ulang tahunnya Kabupaten Pemalang,” ujar mantan anggota DPRD Pemalang yang duduk di Komisi C itu di kediamannya Pegatungan, baru-baru ini.

Budi berharap pelaksanaan acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke-440 seluruh komponen masyarakan dari 222 desa/kelurahan hendaknya ikut dilibatkan. 
“Bentuk keterlibatan itu relatif beragam, bisa dalam bentuk kegiatan wungon di balai desa, dan kegiatan lainnya yang relevan dengan peringatan hari jadi.” jelasnya memungkasi perbincangan. 

(Ruslan Nolowijoyo).

Post a Comment Blogger

 
Top