googlesyndication.com

0 Comment
Daun Kelor: Bukan Hanya Mitos, Tapi Juga Solusi Kesehatan dan Pencegahan Stunting
Pekalongannews - Daun kelor, yang sering dikaitkan dengan berbagai hal mistis, ternyata memiliki manfaat luar biasa yang didukung oleh fakta ilmiah. Sebagai salah satu bahan pangan lokal, daun kelor tidak hanya kaya akan nutrisi tetapi juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan mencegah stunting.

Dengan warna hijau yang segar dan ukuran kecil, daun kelor mengandung protein, vitamin, dan mineral yang sangat bermanfaat untuk melawan kekurangan gizi.

Plt Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa), Darsari Resti Artanti, menjelaskan hal ini dalam sebuah kegiatan pelatihan olah pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang baru-baru ini dilaksanakan.

"Daun kelor ini kaya akan manfaat dan sangat baik untuk kesehatan serta bisa menjadi alternatif untuk mencegah stunting. Namun, masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui informasi ini. Mereka masih memiliki pandangan bahwa daun kelor memiliki konotasi mistis, padahal bahan pangan lokal ini bisa diolah menjadi berbagai macam menu masakan seperti tumis, campuran telur, atau dimasak menjadi sup," ujarnya.

Dengan berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya, daun kelor mampu menyembuhkan berbagai penyakit dari dalam hingga luar tubuh, seperti mengurangi kadar gula dalam darah sehingga konsumsi sayur daun kelor juga bisa membantu mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

Resti berharap bahwa masyarakat Kota Pekalongan dapat memanfaatkan daun kelor sebagai salah satu bahan lokal pilihan dalam menyajikan menu makanan untuk keluarga, sebagai langkah awal untuk menjaga kesehatan generasi masa depan.

Post a Comment

 
Top