googlesyndication.com

15 Kecamatan Sambut Baik Program Renovasi PMI Kabupaten Batang untuk Mengatasi Kemiskinan
Pekalongannews, Batang - Palang Merah Indonesia PMI Kabupaten Batang mempercepat renovasi 23 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di 15 kecamatan pada tahun 2023.

Program renovasi rumah yang dilakukan oleh PMI Kabupaten Batang dianggap sebagai inisiatif sosial yang signifikan untuk membantu mengentaskan kemiskinan.

Ketua PMI Kabupaten Batang, Achmad Taufiq, menjelaskan bahwa program renovasi rumah telah diimplementasikan selama lima tahun terakhir. Saat ini, program tersebut telah mencapai 15 kecamatan di Kabupaten Batang, dengan total sekitar 23 rumah yang direnovasi.

"Dalam lima tahun terakhir, PMI Kabupaten Batang telah mempromosikan program renovasi rumah. Saat ini, program renovasi rumah telah mencapai 15 kecamatan di Kabupaten Batang, dengan total sekitar 23 rumah yang telah direnovasi," ungkap Ketua PMI Kabupaten Batang, Achmad Taufiq dalam wawancara pada Jumat 8 Desember 2023.

Ia menambahkan bahwa permintaan untuk merenovasi RTLH semakin meningkat di kalangan masyarakat karena efektivitas program renovasi yang dipimpin oleh PMI. Kolaborasi antara kepolisian setempat, militer, warga, dan relawan PMI dianggap sebagai faktor kunci dalam mempercepat proses renovasi rumah.

Setiap kecamatan dapat menominasikan dua atau lebih RTLH untuk direnovasi, dengan bantuan keuangan sebesar Rp12,5 juta per rumah.

Salah satu penerima bantuan RTLH, Abdul Ghofar dari Desa Masin, Kecamatan Warungasem, menyampaikan rasa terima kasihnya atas program tersebut.

"Alhamdulillah dengan bantuan ini, saya tidak lagi khawatir saat hujan, dan saya tidak takut atap roboh, dan tidak bocor lagi," ujarnya.

Ia menyatakan bahwa rumahnya dulunya bocor saat hujan dan atapnya telah roboh. Dengan bantuan ini, ia merasa lebih aman dan tidak lagi khawatir saat hujan karena atapnya telah diperbaiki.

 
Top