googlesyndication.com

0 Comment
Investasi Industri: Tiga Pabrik Besar di KIT Batang Siap Beroperasi 2024
Keterangan Gambar :Proses pembangunan kantor pengelola KIT Batang. Foto: Itung kontributor Batang
Pekalongannews, Batang - Tiga pabrik yang berinvestasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang dipastikan akan memulai operasionalnya pada tahun 2024. Bahkan, satu perusahaan telah memulai rekrutmen tenaga kerja lokal untuk bekerja di pabrik pembuatan sepatu yang berasal dari penanam modal asing. M Fakhrur Rozi, Direktur Kelembangaan dan Humas KIT Batang, mengungkapkan hal ini saat ditemui di Kawasan Industri Terpadu Batang pada Sabtu, 18 November 2023.

Tiga perusahaan yang akan beroperasi di KIT Batang adalah Yih Quan Footwear Indonesia, sebuah pabrik sepatu dari Taiwan, KCC Glas Korea Selatan yang bergerak di bidang produksi kaca, dan Samator Indo Gas, seorang produsen gas industri.

"Dari ketiga perusahaan tersebut, kami mengutamakan perekrutan tenaga kerja dari warga lokal, khususnya dari desa-desa penyangga seperti Gringsing, Banyuputih, dan Subah," jelas M Fakhrur Rozi.

Untuk mempersiapkan tenaga kerja yang memenuhi kebutuhan sektor industri, KIT Batang bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Pemerintah Kabupaten Batang telah menyelenggarakan sejumlah pelatihan keterampilan.

"Pelatihan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja perusahaan yang ada di KIT Batang. Mengingat sebagian besar perusahaan saat ini lebih memprioritaskan calon pekerja yang telah memiliki keterampilan," tambah M Fakhrur Rozi.

Rozi menyatakan bahwa pelatihan tidak hanya ditujukan untuk persiapan tenaga kerja di bidang produksi, tetapi juga dalam bidang manajemen. "KIT Batang juga memberikan pelatihan di bidang komputer untuk menghasilkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan di bidang IT," terangnya.

Direktur KIT Batang juga menyebutkan bahwa ketiga perusahaan besar yang akan beroperasi pada tahun depan membutuhkan ribuan tenaga kerja. Oleh karena itu, sebagian besar calon tenaga kerja diharapkan memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

"Bagi warga Batang yang berminat bekerja di perusahaan-perusahaan di KIT Batang, sebaiknya mengikuti pelatihan keterampilan terlebih dahulu. Kami juga telah bekerja sama dengan Anjungan SIAPkerja Kementerian Tenaga Kerja dan Aplikasi Batang Karir milik Pemerintah Kabupaten Batang," pungkasnya.


Post a Comment

 
Top