0 Comment
Karena terendam banjir Rutan Kelas IIA Pekalongan, Jawa Tengah, menerima limpahan 100 orang warga binaan dari Lapas Kelas IIA Pekalongan yang diungsikan 

Pekalongannews, Kota Pekalongan - Rutan Kelas IIA Pekalongan, Jawa Tengah, menerima limpahan 100 orang warga binaan dari Lapas Kelas IIA Pekalongan yang diungsikan karena terendam banjir.

Kepala Rutan Kelas IIA Pekalongan, Anggit Yongki Setiawan, mengatakan, 100 warga binaan yang dilimpahkan tersebut berstatus tahanan titipan karena Lapas Pekalongan terendam banjir.

"Pihak Lapas terpaksa mengevakuasi warga binaan karena banjir sudah merendam seluruh seluruh ruang tahanan sehingga demi keamanan, 150 orang tersebut ankhirnya diungsikan," terang Anggit, Selasa (9/2/2021).

Anggit, menjelaskan, ada prosedur yang harus dijalani manakala dalam kondisi tertentu seperti banjir yang memungkinkan seluruh tahanan dipindahkan.

Biasanya, lanjut Anggit, sesuai tahapan status serta melihat kondisi banjir, maka warga binaan akan diminta siap-siap dengan mengemas barang-barangnya sehingga bila nanti diperintahkan untuk evakuasi mereka sudah siap.

Anggit, menambahkan, sehari sebelumnya pihaknya menerima titipan 100 orang warga binaan yang dikirim dari Lapas melalui empat tahap.

"Seluruhnya ada 100 orang dan sudah kita tampung di kamar 6,7 dan 8, di mana masing-masing kamar atau sel rata-rata diisi 30 orang," jelasnya.

Selain dititipkan di Rutan Pekalongan, sambung Anggit, 50 warga binaan lainya juga dilimpahkan ke Rutan Pemalang.

"Untuk yang disini, begitu masuk langsung menjalani karantina selama 14 hari sesuai prosedur kesehatan," terangnya.

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Pekalongan, Tavip Imam Haryanto, menambahkan, tidak seluruh warga binaan di Lapas Pekalongan, dievakuasi serta dititipkan di Rutan lain, tapi sebagian masih tersisa dan tetap menghuni Lapas Pekalongan.

"Jumlahnya ada 97 orang, mungkin tenaga mereka masih dibutuhkan untuk bergotong-royong membersihkan ruangan yang terendam,'' katanya.

Seperti diketahui, banjir yang berlangsung hampir sepekan di Kota Pekalongan, telah merendam 26 kelurahan di tiga kecamatan. Banjir juga merendam seluruh area di dalam lapas dengan ketinggian hampir satu meter sehingga memaksa 150 orang dari 247 tahanan diungsikan

Post a Comment Blogger

 
Top