googlesyndication.com

0 Comment


Pekalongan – Dampak abrasi pantai dan penurunan tanah yang memprihatinkan membuat wilayah pesisir pantai utara Kabupaten Pekalongan tepatnya di Dukuh Simonet Desa Semut Kecamatan Wonokerto sering terendam rob pada saat air laut pasang.

Selain sering terendam banjir rob, dampak abrasi juga membuat dukuh tersebut semakin dekat dengan bibir pantai, sehingga kondisinya tidak layak sebagai pemukiman warga. Namun demikian sampai saat ini ada beberapa warga yang masih bertahan sambil menunggu relokasi dari pemerintah daerah setempat.

Sebagai wujud kepedulian TNI, khususnya Kodim 0710/Pekalongan, menggelar Bakti Sosial dengan memberikan bantuan berupa sembako sebanyak 290 paket yang tersebar di 3 titik diantaranya Dukuh Pantirejo Desa Wonokerto Kulon sebanyak 220 KK, Dukuh Simonet Desa Semut sebanyak 60 KK, dan 10 KK di Desa Pacakaran Kecamatan Wonokerto, Selasa (26/1/2021).

Pemberian bantuan dipimpin langsung oleh Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan dengan didampingi Kasdim Mayor Inf Raji, Danramil 10/Wiradesa Kapten Cpm Abdul Khamim, Camat Wonokerto Esy Pusiana, Kapolsek Wiradesa AKP Aris Suharsono, Kepala Pos AL Wonokerto Peltu Pulung, Kepala Desa Wonokerto Kulon Rosuli dan Ketua Persit KCK Cabang XX beserta pengurus.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan menerangkan bahwa kedatangan dirinya dan rombongan adalah wujud kepedulian TNI untuk membantu dan meringankan beban masyarakat  di Dukuh simonet  Desa Semut yang mengalami banjir rob dan terdampak abrasi.

“Bantuan berupa paket sembako ini merupakan inisiatif kami  dari TNI dan Polri dengan harapan dapat meringankan beban masyarakat yang mengalami musibah bencana banjir rob”, terang Dandim.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan bahwa Dukuh Simonet sudah tidak layak lagi untuk ditempati dan kedepan pemerintah Kabupaten Pekalongan sudah merencanakan untuk melaksanakan relokasi ke daerah yang lebih aman dari banjir.

“Pemda  sudah menyiapkan lahan seluas 1 hektar yang berada di Desa Semut untuk dibangun perumahan sebanyak 73 KK, kita TNI siap mendukung dan mensukseskan dalam pelaksanaannya.”, pungkas Dandim. (rus) 

Post a Comment

 
Top