0 Comment

 

Kabupaten Pemalang - Kegiatan senam jantung sehat ibu-ibu Desa Ambokulon. dilakukan pada hari minggu pagi di halaman Balai Desa Ambokulon, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang (8/11/2020). 

Memiliki jantung yang sehat adalah keinginan semua orang. Tak cukup dengan menjaga pola makan sehat saja, namun olahraga rutin pun perlu. Sebagai upaya mencegah dan menjaga kesehatan jantung, salah satu olahraga yang bisa dilakukan yaitu dengan senam jantung sehat. Selain mampu menjaga kesehatan jantung, senam jantung sehat mampu meningkatkan kebugaran tubuh, sehinga daya imun tubuh ikut meningkat dimasa pandemi seperti sekarang ini.

“Grup Senam Jantung Sehat berusia 10 tahun yang didominasi ibu-ibu usia 40 tahun keatas ini keaktifaan anggotanya pasti pernah mengalami pasang surut. Justru Dimasa pandemi ini keaktifan anggotanya sangat meningkat. Dengan kesadaran menerapkan hidup sehat dimasa pandemi, ibu-ibu desa Ambokulon lebih rutin melakukan senam jantung sehat. Selain itu karena peminat senam banyak tak hanya ibu-ibu anak muda juga. Jadi untuk menarik minat dan menghindari kebosanan terhadap gerakan senam jantung sehat. Saya sebagai ketua mengundang instruktur dari luar dan sesuai request ibu-ibu, senam jantung sehat sekarang diselingi dengan senam diabetes, senam aerobik dan senam kreasi laninya mengikuti trand zamannya.” Tutur Hj. Endang Mayati

Dimasa pandemi kegiatan masyarakat banyak dibatasi dan dianjurkan untuk beraktivitas dari rumah. Namun dengan hal tersebut tidak menyurutkan masyarakat desa Ambokulon untuk beraktivitas diluar rumah meski harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Bahkan dengan adanya pandemi meningkatkan kesadaran dan semangat masyarakat untuk hidup sehat. Adanya kesadaran hidup sehat, mampu membantu pemerintah mencegah penyakit covid 19.

Menurut Bu Wati salah satu anggota senam jantung sehat, kegiatan ini sangat membantu mencegah dan menjaga kesehatan jantung maupun imun tubuh ibu-ibu, terutama dimasa pandemi. Diusia ibu-ibu 40 tahun keatas merupakan usia rentan akan virus dan penyakit berbahaya.

“ Senam setiap minggu pagi ini selalu saya sempatkan. Karena Jika senam sendiri dirumah tak sesemangat dan tidak serutin dengan senam bersama grup senam jantung sehat. Sekaranng berolahraga itu kebutuhan, karena penyakit tak memandang usia. Maka makan makanan sehat saja tak cukup jika tak dibarengai dengan olahraga. Kalori yang dimakan harus seimbang dengan kalori yang dibuang. Selain senam juga terkadang saya bersepeda mengajak anak agar sama-sama berolahraga, denagan hidup sehat insyaallah akan terhindar dari covid 19” pungkas Bu Wati.
(Ratih Hanifah Mahasiswa KKN UIN Walisongo )

Post a Comment Blogger

 
Top