googlesyndication.com

0 Comment
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan siap menormalisasi sungai - sungai di Batang
Batang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan siap menormalisasi sungai - sungai di Batang yang menjadi kewenanganya. 

Hal tersebut disampaikan saat berkunjung ke Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Batang, Jumaat( 21/2/2020) malam.
Kunjungan tersebut melihat pananganan pasca banjir Kamis kemarin (20/2), Tidak hanya itu Ganjar Pranowo juga menyempatkan melihat saluran air penyebab banjir di Desa Kalipucang Wetan. 

"Untuk normalisasi Provinsi akan memimpin dengan di bantu Bupati, kita akan ke Badan Pengembangan Wilayah Surabaya - Madura (BPWS) pusat untuk meminta bantuan untuk melakukan tindakan cepat," jelas Ganjar Pranowo.

Ia juga meminta Kepala Desa untuk melakukan sosialisasi, karena nantinya dalam proses normalisasi akan mengganggu lingkungan.

"Hilir mudik peralatan berat untuk normalisasi akan mengganggu lingkungan, maka masyarakat sekitar sungai di beri pemahaman, karena ini untuk kepentingan bersama," pintanya.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, Pemerintah Kabupaten Batang sudah merencanakan program normalisasi Sungai Sambong dalam upaya mengatasi banjir yang setiap musim penghujan datang.

"Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan, Kabupaten Batang mendapat alokasi dana Rp. 100 miliar untuk pengendalian banjir dan perbaikan muara Sungai Sambong," katanya 
Program normalisasi sungai tersebut rencananya dilaksanakan tahun 2021, yang saat ini masih mempercepat prosesnya dengan melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi agar 2021 program normalisasi sungai bisa dilaksanakan.

Namun demikian, sedimentasi sungai merupakan penyebab utama banjir di wilayah Batang tidak hanya Sungai Sambong. 

"Kabupaten Batang memiliki kurang lebih mencapai 35 daerah aliran sungai (DAS) yang kewenanganya dan pengelolaanya berada di Pemerintah Provinsi," tutup Wihaji.

Terlihat Kapolres Batang AKBP Abdul Waras dan Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi turut mendampingi Gubernur Jawa Tengah dalam kegiatan tersebut.

Post a Comment

 
Top