0 Comment
KJRI Jeddah Gelar Peringatan Hari Ibu ke-91
Jeddah — Keluarga Besar Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah menyelenggarakan upacara peringatan Hari Ibu ke-91 yang dihadiri oleh para pegawai beserta isteri. 

Upacara bertema "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” digelar Senin, 23 Desember 2019 di Lobi utama Kantor KJRI Jeddah dan dipimpin langsung oleh Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Dr. Mohamad Hery Saripudin. 

Rangkaian upacara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan Teks Pancasila, pembacaan Naskah Pembukaan UUD'45, pembacaan sejarah singkat Hari Ibu, menyanyikan Hymne Hari Ibu, sambutan Konjen RI, menyanyikan Mars Hari Ibu dan diakhiri dengan pembacaan doa. 

Konjen dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah secara tegas mengakui bahwa kemajuan pembangunan Negara dan Bangsa Indonesia tidak lepas dari peran kaum perempuan. Penegasan tersebut tercermin dalam penyusunan dan implementasi kebajikan pemerintah yang selalu melibatkan unsur kaum perempuan. 

"Pemerintah dan negara tentu saja tidak hanya menghormati ibu sebagai pendamping kaum laki-laki dalam melahirkan tunas-tunas calon pemimpin bangsa, tapi secara tegas mengakui kontribusi para ibu dalam pembangunan negara yang sangat besar," tegas Konjen Hery. 

Ditambahkan Konjen, peran ibu tidak tergantikan dalam mendidik calon pemimpin bangsa. Baik-buruknya generasi calon pemimpin bangsa banyak dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, yaitu peran kaum ibu. 

"Behind a great man is a great woman (di belakang pria hebat, ada seorang perempuan yang hebat)," ucap Konjen menyitir sebuah adagium. 

Dalam kesempatan tersebut, Konjen juga menggugah kesadaran peserta upacara, reformasi sosial (social reform) yang tengah terjadi di Arab Saudi sebagaimana tertuang dalam Saudi Vision 2030 sangat memberikan perhatian terhadap kalangan perempuan dan pemuda. 

Sedemikian besarnya peran dan pengaruh perempuan dalam pembangunan, Konjen mengajak para peserta upacara, khususnya kaum ibu, agar turut mendukung kebijakan Pemerintah RI dalam hal pemberdayaan kaum perempuan. 

Dalam konteks kedinasan di lingkungan KJRI Jeddah, diharapkan peran kaum ibu bisa sejalan (match) dengan upaya KJRI untuk mewujudkan misi-visinya.

Post a Comment Blogger

 
Top