0 Comment
Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan mendorong seluruh Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Pekalongan untuk segera diakreditasi, meskipun capaian di Kota Pekalongan sudah baik yakni Lembaga PAUD di Kota Pekalongan sudah terakreditasi 75%. Upaya yang dilakukan dari Pengurus Himpaudi Kota Pekalongan yakni menyelenggarakan Workshop Penguatan Kelembagaan PAUD dan Doa Bersama untuk Kesetaraan Pendidik PAUD di Hotel Pesona Kota Pekalongan, Kamis (28/2/2019).

Workshop yang diikuti oleh 635 pendidik PAUD ini dibuka oleh Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimpda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan menghadirikan narasumber Ketua Pengurus Pusat Himpaudi, Prof Dr Ir Netty Herawati MSi.

Menurut Saelany PAUD akan memberikan persiapan anak menghadapi masa-masa ke depannya, yang paling dekat adalah menghadapi masa sekolah. PAUD sangat penting karena di usia inilah anak membentuk pendidikan yang paling bagus dan mengembangkan otak, kemampuan akademik, sosial, dan kognitifnya. “Di usia dinilah anak-anak harus membentuk kesiapan dirinya menghadapi masa sekolah dan masa depan. Investasi terbaik yang bisa diberikan untuk anak-anak adalah persiapan pendidikan mereka di usia dini,” terang Saelany.

Dijelaskan Saelany bahwa Pemerintah Kota Pekalongan harus terus memacu peningkatan kualitias PAUD dengan akreditasi, tentunya dengan PAUD yang berkualitas dan pendidik yang berkualitas akan memunculkan gererasi yang cerdas dan sehat. “Usia dini menjadi awal kehidupan manusia ketika otak manusia dibangun dan dipertajam dalam kemampuan akademik, sosial, dan kognitif untuk masa depannya. Rangsangan pendidikan, kesehatan, kesejahteraan tentu sangat berpengaruh untuk ke depannya,” ujar Saelany.

Pengembangan PAUD sudah menjadi komitmen dunia dan masuk dalam agenda Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Setiap kegiatan yang mengutamakan anak usia dini sangat penting. Pembangunan anak usia dini untuk mengantarkan anak Indonesia yang cerdas dan sehat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Tentu Pemerintah Kota Pekalongan selalu mengapresiasi para pendidik PAUD.

 “PAUD yang berkualitas itu bergantung pada guru-gurunya, pendidik PAUD adalah pekerjaan yang sangat mulia yakni membangun manusia berkualitas di masa datang. Mari satukan langkah gerak kita untuk meningkatkan potensi anak-anak di Kota Pekalongan,” ajak Saelany.

Ketua Himpaudi Kota Pekalongan, Nur Hidayah menyampaikan rasa syukurnya kegiatan mandiri yang digelar Himpaudi Kota Pekalongan ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Pekalongan., bahkan dukungan untuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dasar dan tingkat lanjut selama enam hari sebelumnya. “Kami berterima kasih atas pemberian kesejahteraan untuk pendidik PAUD, tak ada diskriminasi karena seriap bulan kami mendapatkan Kesra Harlindung Rp500.000 berikut jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan,” tutur Nur.

Dikatakan Nur, berbagai kegiatan telah difasilitasi Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, bukan hanya untuk anak tapi untuk para pendidik PAUD di Kota Pekalongan. Bahkan untuk akreditasi di tiap-tiap lembaga telah difasilitasi dan didampingi selama ini.(rusg)

Post a Comment Blogger

 
Top