googlesyndication.com

0 Comment
kebebasan mengekspresikan imajinasi itu sudah keputusan sendiri Perbedaan Desain Abstrak dan Desain Simbolik
Contoh gambar desain abstrak
Perbedaan Desain Abstrak dan Desain Simbolik. kedua istilah ini sangatlah penting dan menjadi landasan pada sebuah desain. kalau ingin jadi desainer, tidak boleh sembarangan. karena, setiap unsur yang diterapkan dalam desain itu semua memiliki makna.

Desain Abstrak
Desain abstrak merupakan desain yang menvisualisasikan dan menciptakan hal-hal yang mungkin tak ada didunia nyata, dengan menggunakan proses kognitif seperti logika, imajinasi dan emosi. biasanya hasil dari pemikiran abstrak ini menciptakan desain radikal. orang-orang cenderung mengasosiasikan desain abstrak dengan minimalis, karena berawal dari hal sederhana yang terpadu oleh pemikiran abstrak. namun tak ada batasan disini, karena emosi, logika dan imajinasi ketika sudah bertemu, akan terjadi benturan ide kreatif tak terhingga.

Setiap orang sebenarnya bisa menghasilkan karya seni setiap harinya, melalui jalur keabstrakan. namun tidak adanya kesadaran akan seni, membuat kita menghilangkannya begitu saja. contohnya: Sisa cat yang ada dirumah, bisa menghasilkan sesuatu yang berseni, namun sayangnya disimpan begitu saja karna tujuan utama sudah didapatkan. padahal, kita bisa memanfaatkan apapun yang ada dihadapan kita untuk di gores, menjadi karya seni.

Desain abstrak membawa kesan kebebasan pada setiap jiwa seni. apapun itu gunakanlah, karena setiap unsur memiliki potensi seninya sendiri. sudah banyak inspirasi yang bisa dilihat, dari hasil karya seniman dunia. mereka hanya memanfaatkan sampah plastik dsb, untuk dibentuk sedemikian rupa, sehingga menghasilkan sesuatu hal yang bernilai.

Desain Simbolis
Desain simbolis adalah tentang bagaimana mengkomunikasikan ide, emosi atau entitas dalam suatu desain. seperti simbol Logo Perusahaan yang dirancang agar lebih mudah dikenali maupun ditafsirkan. hal terkecil yang tidak kita sadari adalah tanda "Berhenti" berbentuk "Bulat dan garis miring ditengahnya". bentuk ini sudah dipakai diseluruh dunia sebagai pesan "Berhenti" dalam bentuk desain simbolik. jika kita menaruh kata "Pergi" diatasnya, mayoritas akan berhenti dan
 sisanya kebingungan. mengapa ? karena simbol lebih kuat dari pada kata-kata.

kebebasan mengekspresikan imajinasi itu sudah keputusan sendiri Perbedaan Desain Abstrak dan Desain Simbolik

Selain umum lainnya untuk berhenti adalah segi delapan dengan merah didalamnya. meskipun berbeda bentuk, namun warna merah yang menyelimuti logo tersebut akan diartikan sebagai "berhenti". karena warna Merah sudah menjadi simbol :Peringatan, Berhenti, Bahaya, Kesalahan, Dilarang. mengapa di pakai warna merah, karena meurut penelitian, warna merah yang akan dipandang oleh mata jika bertemu warna lainnya. oleh karena itu dia disepakati.

Simbolisme Warna dalam desain
Warna dalam budaya di dunia , memiliki makna berbeda-beda. warna bisa mewakili berbagai macam aspek, seperti : perasaan, negara, suku, budaya dll. warna juga dapat mewakili pribadi seseorang. sebagai desainer atau perancang, kita harus bisa menganalisa warna apa yang akan dipakai pada desain, agar tidak ada kesalahpahaman.

Misalnya didunia barat, warna merah melambangkan banyak hal tergantukng pada konteksnya. selain diartikan seperti diatas, merah juga bisa berarti kemarahan dan hasrat yang kuat.

Simbolisme Bentuk
Bukan hanya warna yang menjadi unsur simbolisme, melainkan "Bentuk" juga sangat berperan penting. berikut beberapa bentuk umum serta maknanya :

Lingkaran, berarti : feminim, rahim, meliputi, pengasuhan, utuh Persegi, berarti : Struktur, keseimbangan, blok bangunan, urutan Bentuk vertikal : Roket, gerak keatas, maskulin, Phallic ( bentuk anu pria yang sedang berdiri tegak, melambangkan kekuatan, stamina ) Bentuk horizontal : Jarak, bepergian, istrahat.
Sebenarnya masih banyak lagi bentuk-bentuk simbolik, namun setidaknya sobat sudah bisa menyadari, bahwa bentuk sangat mempengaruhi arti dari desain.
kebebasan mengekspresikan imajinasi itu sudah keputusan sendiri Perbedaan Desain Abstrak dan Desain Simbolik
Logo feedex | contoh desain simbolik

Salah satu contoh logo simbolis terkenal didunia adalah Logo Perusahaan Feedex. secara tidak langsung, desain simbolik sudah memainkan alam bawah sadar kita. pada pandangan pertama, logo diatas terlihat biasa saja. cukup dengan mengetik dan memberikan dua warna berbeda, maka logonya sudah jadi.  tapi coba kita aamati lebih dalam lagi.

Perhatikan bagian putih antara huruf E dan X. disitu terlihat ada bentuk panah kearah kanan.itu mengartikan kecepatan atau bergerak maju (karena kita membaca kearah kanan).

Selain itu, warna orange pada akhir berarti berhati-hati. jadi jika diartikan LOGO Feedex bermakna bahwa feedex akan mengirimkan barang anda dengan cepat dan hati-hati.

Post a Comment

 
Top