googlesyndication.com

0 Comment
Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga mengajak pemuka Agama ikut berperan aktif dalam menangkal paham - paham radikal di wilayah hukum Polres Batang
Kabupaten Batang 
Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga mengajak pemuka Agama ikut berperan aktif dalam menangkal paham - paham radikal di wilayah hukum Polres Batang. 
"Saya minta pada para Ulama, tokoh agama di Kabupaten Batang berperan aktif untuk mengingatkan dan membimbing warga dalam setiap kesempatan kegiatan ibadah," kata AKBP Edi S Sinulingga saat Silaturahmi Tokoh Agama beserta Forkopimda Batang di Mapolres Batang, Rabu (23/5/18) petang.
Lebih lanjut Kapolres mengatakan karena tidak menutup kemungkinan paham radikal maupun pelaku teror bisa berada di lingkungan tempat tinggal kita, oleh karena itu jajaran kepolisian telah menurunkan intel, Bhabinkamtibmas sebanyak mungkin untuk melakukan deteksi dini. 
"Saya harap aktivitas kelompok masyarakat untuk ikut juga mengamankan lingkunganya masing - masing. Jangan apatis kalau ketemu orang tidak mau berkomunikasi dan sulit diajak berkomunikasi, maka harus di perhatikan hal -hal tersebut," jelas AKBP Edi S Sinulingga 
Disampaikan juga kepedulian tersebut sangat membantu pihak keamanan untuk melakukan deteksi dini dengan melaporkan kepihak RT, kelurahan atau desa dan Bhabimkamtibmas, Polsek dan Polres. 
"Pemberantasan teror dan teroris harus di lakukan bersama - sama dan tidak bisa dilakukan oleh Polri dan TNI saja. Karena musuh bersama," tegasnya.
Pihak kepolisian akan selalu memonitor perkembangan dan situasi keamanan ketertiban masyarakat dan wilayah, untuk pemantauan secara khusus tidak ada di wilayah Kabupaten Batang.
"Kemarin memang ada pemantauan khusus karena ada pelaku teroris yang di tangkap di sukabumi dari warga Batang, tapi pemantauan khusus tidak ada, pada prinsipnya kita pastikan situasi kamtibmas di Batang kondusif dan berharap masyarakat bersikap tenang dan tidak apatis dan mau peduli dengan lingkungannya masing - masing," pinta Kapolres 
Untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif kita selalu kordinasi dengan Pemerintah Daerah dengan jajaran Kodim untuk lebih proaktif dalam menjaga sistem keamanan lingkungan ( Siskamling), untuk memonitornya siskampling yang aktif dan mengaktifkan kembali siskamling agar tercipta situasi lingkungan yang kondusif. 

Bupati Batang Wihaji Mengatakan, kegiatan buka bersama dengan tokoh agama merupakan momentum penting untuk menyampaikan peran kita kita untuk waspada terhadap paham - paham radikal yang akhir - akhir ini belum lama bom bunuh diri.
"Teroris tidak bisa disembuhkan karena otaknya sudah dicuci dengan sebuah keyakinan, untuk mencegahnya kita harus bersama - sama peduli dengan lingkunganya dengan cara membimbinganya dan apabila ada sesuatu yang mencurigakan segera kordinasi dengan pihak kepolisian maupun TNI tapi jangan di hakimi sendiri," Kata Wihaji 
Ditegaskan juga bahwa Batang sejarah telah mencatatnya ada pelaku teroris di Kecamatan Tersono, dan Batang dan inilah yang menjadi keprihatinan kami selaku kepaka daerah, oleh karena itu tingkat kewaspadaan terhadap lingkungan harus ditingkatkan kembali agar peristiwa tersebut tidak ada lagi di Batang.

Turut Hadir dalam acara Dandim 0736 Batang, Ketua MUI, semua komponen jajaran kepolisian dari tingkat polsek, koramil, Camat Se Kab Batang, tokoh agama, tokoh pemuda organisasi kepemudaan dari Banser NU dan Kokam Muhammadiyah. Kemudian acara dilanjutkan dengan buka bersama

Post a Comment

 
Top