Tingkatkan Kualitas UMKM, BCA Gelar Pelatihan Pembuatan Laporan Laba Rugi

October 11, 2017
Usaha Mikro Kecil dan Mengengah (UMKM) pertahun menopang 60,34 persen Produk Domestik bruto (PDB) nasional dan keberadaan pelaku usaha UMKM di Indonesia yang mencapai 59 juta usaha mampu berkontribusi pajak ke negara sebesar Rp 47 triliun. Andy Christianto, Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Pekalongan mengutip data Kementrian Koperasi dan UMKM saat berkesempatan membuka Pelatihan Pembuatan Laporan Laba Rugi bagi 100 pelaku usaha UMKM di Hotel Horison, Minggu (9/10/17).

Menurut Andy, sebagai salah satu penopang utama perekonomian Indonesia, UMKM telah terbukti sebagai unit usaha yang paling mampu bertahan saat diterpa badai krisis moneter global. Meski terbilang kuat, lanjut Andy, faktanya masih banyak UMKM karena beberapa faktor memiliki kesulitan berkembang untuk menjadi besar.
"Salah satu penyebabnya karena ketiadaan laporan keuangan yang berakibat pelaku usaha UMKM sulit mengakses pendanaan atau permodalan terutama melalui perbankan," terang Andy.
Untuk itu sebagai pihak yang turut peduli, sambung Andy, BCA memiliki komitmen peningkatan kualitas UMKM yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional melalui pelatihan dan memperluas akses pendanaan bagi UMKM.

Lebih jauh Andy memaparkan, Dengan adanya kebiasaan membuat laporan laba rugi, UMKM dapat menilai usahanya apakah berkembang atau tidak. Saat usaha mencatat kerugian, pelaku UMKM dapat segera mengevaluasi bisnisnya dan mencari cara agar usahanya dapat membukukan keuntungan. 
"Di sisi lain, apabila usahanya telah mencatatkan keuntungan, pelaku UMKM diharpakan tetap fokus menghasilkan inovasi-inovasi terbaru sehingga usahanya semakin berkembang," jelasnya.
Andy menuturkan, kegiatan pelatihan yang digelar BCA tidak hanya dilaksanakan di Kota Pekalongan namun di Semarang dan Malang menyusul selanjutnya di Banyuwangi serta beberapa kota lainya.
"Jadi pelatihan bagi UMKM ini kami lakukan sebagai wujud Solusi Bisnis Unggul BCA di bawah payung bakti BCA yang lebih menitikberatkan pemberdayaan masyarakat agar mampu bertumbuh untuk mencapai kemajuan secara mandiri," tandasnya.
Hadir dalam kesempatan pelatian selama dua hari tersebut, Senior Officer Divisi Bisnis Komersial dan SME BCA (DBKM) Suryawati Widjaja dan Vice President Divisi Pembelajaran & Pengembangan BCA Lim Wayan Setiady di Pekalongan, sebagai narasumber utama.

Share this

Related Posts