0 Comment
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berada di wilayah eks-karisidenan Pekalongan yang mempunyai komitmen tinggi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan keindonesiaan. 

Demi mewujudkan tujuan tersebut berbagai upaya dilakukan, salah satunya adalah menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kecerdasan spiritual, keluasan ilmu pengetahuan, kesetiaan terhadap keindonesiaan, kemadirian dan kepeloporan dalam kehidupan. 

Selain itu IAIN Pekalongan mempelopori dan ikut berperan aktif dalam penguatan dan pemberdayaan masyarakat. 

IAIN Pekalongan yang mempunyai brand Spirituality, Scientific, Entrepreneurship dan Nationality pada tahun akademik 2017/2018 ini Sebanyak 17 Program Studi jenjang Strata satu dari 4 Fakultas membuka pendaftaran mahasiswa baru. Program studi tersebut dari Fakultas Syari’ah meliputi Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Islam dan Hukum Tata Negra Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) meliputi, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Tadris Bahasa Inggris dan Tadris Matematika. Kemudian Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah meliputi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadits, Tasawuf dan Psikoterapi, Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan Penyuluhan Islam dan manajemen Dakwah. Adapun dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah ada dua program studi yaitu Ekonomi Syariah dan Akutansi Syariah. 

Pendaftaran mahasiswa baru kali ini melalui empat jalur yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Madiri dan Bakat minat. Dari empat jalur tersebut saat hingga saat ini (6 Juni 2017) hanya tinggal jalur mandiri dan bakat minat yang masih dibuka. Jalur mandiri adalah mekanisme seleksi masuk IAIN Pekalongan melalui ujian tulis dalam bentuk cetak (paper based testing) dan wawancara yang dilaksanakan secara mandiri oleh panitia penerimaan mahasiswa baru. 

Sedangkan jalur bakat minat merupakan mekanisme seleksi masuk IAIN Pekalongan berdasarkan penjaringan prestasi minat bakat bidang olah raga, seni, dan karya ilmiah minimal juara I tingkat Kabupaten/Kota atau Hafidz Qur’an minimal 5 Juz. 

Pendaftarannya sampai tanggal 14 Juli 2017, info lengkap bisa diakses di pmb.iainpekalongan.ac.id. Untuk menunjang keberhasilan studi mahasiswa sejumlah beasiswa disediakan diantaranya bidikmisi, prestasi dan tahfidz. Selain biaya kuliah terjangkau, seluruh dosen kompeten dibidangnya lulusan dari kampus luar negeri dan dalam negeri serta IAIN Pekalongan memiliki sejumlah fasilitas pendukung dan penunjang. Sejumlah laboratorium disediakan misalnya Laboratorium Microteaching, Laboratorium Micro-counseling, Laboratorium IPA, Ilmu Falak, PIAUD, bahasa Asing hingga Laboratorium Peradilan semu bagi calon-calon hakim.

Post a Comment Blogger

 
Top