0 Comment
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang mulai mendistribusikan kotak suara, bilik suara dan kelengkapanya ke seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Batang.
"Ditargetkan hari ini seluruh distribusi kotak suara, bilik suara dan kelengkapanya selesai dan besoknya seluruh kebutuhan Pilkada tersebut sudah bisa kirim ke semua Kelurahan maupun Desa," ungkap Kepala Bagian Umum KPU Batang, Murtadho, Minggu (12/2/17).
Murtadho menjelaskan, terdapat 1.388 kotak suara yang didistribusikan ke 1.388 TPS yang tersebar di Kabupaten Batang. Pengiriman pertama diarahkan ke kecamatan terjauh seperti Bawang.

Selain itu pengiriman juga akan dikawal oleh pihak keamanan dengan menempatkan masing-masing dua personil keamanan di tiap armada dan akan dikawal juga oleh masing-masing Polsek sampai tujuan.
"Kita tidak mau resiko baik keamanan kotak suara maupun keamanan karena faktor cuaca. Meski sudah diamankan dengan penutup, didalam kotak suara kita masih bungkus lagi dengan plastik isinya," jelas Murtadho.
Dikatakan Murtadho, empat truk dikerahkan untuk mengakut kotak suara, bilik suara dan kelengkapanya ke seluruh Kecamatan yang ada. Satu truk, kata Murtadho, bisa memuata kebutuhan untuk dua kecamatan. Sehingga dengan dua kali angkut sehari bisa selesai semua.

Untuk Kecamatan Batang Kota, lanjut Murtadho, kemungkinan akan menjadi kecamatan terakhir yang akan didistribusikan. Sebab selain tidak ada tempat yang lebih aman juga karena faktor kedekatan lokasi dengan gudang KPU Batang.
"Mungkin baru besok untuk pengiriman kotak suara, bilik suara dan kelengkapanya bisa terkirim ke kecamatan Batang kota," ucap Murtadho.
Selama berada di Kecamatan, tambah Murtadho, keamanan kotak suara, bilik suara dan kelengkapanya akan dijaga oleh petugas keamanan dari Polri selama dua puluh empat jam nonstop sampai hari pencoblosan.
"Hal tersebut untuk mengantisipasi kerawanan dan keamanan selama pelaksanaan pemulikada," terangnya.

Post a Comment Blogger

 
Top