0 Comment
Pekalongan News
Kondisi jembatan Kali Arus di Desa Pengempon, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang yang amblas mengakibatkan jalur ekonomi Batang-Kendal lumpuh total
Kabupaten Batang
Jum'at petang (25/11/16) jembatan Kali Arus yang berada di Desa Pengempon, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang yang selama ini menjadi urat nadi penghubung jalur aternatif Batang - Sukorejo Kendal amblas. Akibatnya arus lalu lintas yang menghubungkan kedua Kabupaten lumpuh total.

Diketahui hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Bawang sejak siang hingga sore hari menyebabkan debit air sungai arus bertambah semakin deras. Luncuran air deras bercampur dengan lumpur kiriman dari daerah ataslah yang diduga menyebabkan Jembatan Kali Arus amblas.

Supono (46 th) salah satu warga Desa pengampon menuturkan, kondisi saat itu deras sekali hujannya. Dari dalam rumah terdengar jelas suara bergemuruh, terlihat batu dan serpihan kayu bergerak terbawa arus bersama lumpur. Tiba-tiba saja badan jembatan berderak goyang dan akhirnya amblas.
"Beruntung saat kejadian berlangsung arus lalu lintas dalam keadaan sepi dari kendaraan yang melintas," kata Supono.
Supono dalam kesaksianya mengatakan, tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Namun jalan alernatif yang menjadi andalan warga untuk menuju kendal dan juga sebaliknya tidak bisa lagi digunakan. Dikhawatirkan ekonomi warga kedua wilayah akan terganggu.

Dari keterangan yang didapat, badan jembatan Kali Arus amblas sedalam 30 centimeter sedangkan pondasi bawah jembatan tampak ambrol bekas tergerus air dan terdapat banyak retakan di berbagai tempat.
"Informasi amblasnya jembatan kali Arus sudah dilaporkan ke Pak Bupati dan Sekda termasuk juga BPBD," ungkap Camat Batang, Dwi Riyanto didampingi Kapolsek Bawang dan Danramil Bawang saat meninjau ke Lokasi.
Sementara itu pihak keamanan dari Polsek Bawang langsung memasang Police line untuk memberikan peringatan agar tidak mendekati jembatan yang dikhawatirkan roboh.
"Akses lalulintas untuk sementara kami alihkan. Pengguna jalan kami sarankan untuk memutar melalui jalur Kecamatan Tersono," terang Kapolsek Bawang AKP Goemana.

Post a Comment Blogger

 
Top