googlesyndication.com

0 Comment
Serius Bangkitkan Potensi Maritim, Bupati Pekalongan Fokus Lakukan Ini
Bupati Pekalongan menarik kapal peralon disaksikan Penasehat Menteri KKP di Pelabuhan Wonokerto
Pekalongan
Serius akan membenahi kawasan pesisir dan Pelabuhan Wonokerto, Bupati Pekalongan Aship Kholbihi berencana akan menghidupkan kembali kelompok nelayan dan koperasi nelayan di Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan.
"Tahap awal kami akan beli kapal peralon untuk kelompok nelayan, namun dengan ukuran lebih kecil, sekitar 5 sampai 7 gross ton," ungkap Aship Kholbihi, Minggu (3/7/16) saat dialog dengan perwakilan nelayan di TPI Wonokerto.
Menurut Aship, di Kabupaten Pekalongan terdapat 12 ribu nelayan dan pihaknya berjanji akan membenahi dan siap melakukan perubahan penggantian alat tangkap jaring arat yang selama ini dipakai oleh nelayan setempat.
"Karena nanti Bulan januari 2017 sudah tidak ada lagi nelayan yang menggunakan alat tangkap cantarang maupun arat yang dilarang pemerintah. Maka kami akan bantu nelayan untuk menggunakan kapal peralon namun dengan ukuran lebih kecil," janjinya.
Tidak itu saja, lanjut Aship, kedepan kalau memungkinkan kita akan tingkatkan Pelabuhan Wonokerto menjadi lebih besar lagi mengingat Kabupaten Pekalongan terutama Wonokerto memiliki banyak potensi, diantaranya SDM seperti Jurumudi dan ABK yang melimpah.
"Selama ini Wonokerto dikenal sebagai pemasok ABK dan Jurumudi ke Kota Pekalongan. Ini akan kita berdayakan untuk memajukan potensi daerah agar bisa mensejahterakan," ujarnya.
Selanjutnya kita juga akan tingkatkan potensi wisata air di Kabupaten Pekalongan dengan memanfaatkan kearifan lokal.
"Kita akan pesan kapal peralon dengan desain berbeda untuk kebutuhan wisata air. kita akan buka di Sungai Pencongan sebagai tempat sandar," ungkap Aship.
Mudah-mudahan ini bisa direalisasikan dan menjadi perhatian pemerintah pusat agar potensi daerah bisa dimunculkan.
"Kan disini sudah ada perwakilan pemerintah pusat, ada pemerintah daerah dan ada investor swastanya. Ini akan kita terus dorong supaya Kabupaten Pekalongan bisa menjadi permulaan kejayaan maritim di Indonesia," tuturnya.

Post a Comment

 
Top