googlesyndication.com

0 Comment
Ganjar Pastikan, Pembebasan Lahan Selesai Dalam Satu Bulan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meladeni pertanyaan wartawan  usai acara Peresmian Pembangunan PLTU Batang, Jumat (29/8/15)
Kabupaten Batang
Kendati masih ada 1,9 persen lahan yang masih bermasalah dan masih ada 12 Kepala keluarga yang belum mendapatkan ganti untung karena belum ada kese pakatan harga untuk melepas lahan tersebut, akan tetapi Gubernur Jateng Gan jar Pranowo dalam pernyataanya tetap mengupayakan dialog dengan warga.
"Kami mau ada dialog dengan mereka. Kami juga menggunakan UU No. 2 (tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum) dan menitipkan uang ke pengadilan," kata Ganjar.
Ketika didesak masih ada 11,1 hektar lahan dari 226 hektar yang belum dibebaskan karena terkendala kesepakatan harga. Ganjar menyerahkan kembali keputusan itu kepada warga.
"Mereka pula yang menetapkan (jumlah uang), jadi kami maunya ganti untung bukan rugi," tukasnya.
Ganjar berjanji, dalan satu bulan ini akan menyelesaikan sisa lahan yang belum terbebaskan.
"Saya sudah katakan tadi  kepada Presiden, dalam sebulan ini akan menyelesaikan pembebasan lahan yang tersisa.
Sementara itu Menteri Pertanahan dan Agraria Ferry Mursidan Baldan membe narkan masih adanya lahan warga seluas 11,1 hektar yang belum dibebaskan.
"Pagi hari tadi telah dicapai kesepakatan dengan 3 kepala keluarga jadi dari 12,5 hektar tinggal 11,1 hektar yang belum diselesaikan, Senin akan kembali dilakukan dialog," ungkap Ferry dalam acara peresmian PLTU Batang.
Terpisah, Presiden Jokowi membantah adanya pendapat yang mengatakan pembanguan PLTU Batang akan mengganggu ketahanan pangan karena didirikan diatas lahan sawah produktif milik warga.
"Tidak akan mengganggu ketahanan pangan, itu sudah kita hitung tidak mungkin (lahan pertanian) kita pake semua," kata Jokowi mela deni pertanyaan wartawan.
Dijelaskan Jokowi, lahan yang digunakan sudah diganti dengan lahan pertanian baru jadi tidak akan menggangu ketahanan pangan di Batang.



Post a Comment

 
Top