0 Comment


Kota Pekalongan - Kodim 0710/Pekalongan gelar Pembinaan Kesiapan Aparat Komando Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apkowil  Puanter) triwulan IV Tahun 2020 bertempat di ruang serbaguna Makodim setempat, Selasa (13/10/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dibuka langsung oleh Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan diikuti para Danramil, Perwira Staf dan para Babinsa Koramil jajaran. 

Dalam sambutannya, Dandim mengatakan bahwa dalam menyelenggarakan pemberdayaan wilayah yang sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 8 dinyatakan bahwa Angkatan Darat bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial.

"Maka dari itu saya sampaikan dalam rangka menghadapi kompleksitas permasalahan pembinaan teritorial pada saat ini aparat komando kewilayahan harus peka terhadap situasi di wilayahnya agar tugas dapat berjalan dengan baik", Jelas Dandim.

Lanjutnya, kegiatan ini diharapkan kepada seluruh aparat komando kewilayahan dapat menguasai pengetahuan yang terkandung dalam materi Binsiap Apkowil dan Puanter serta memiliki langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas teritorial tingkat perorangan maupun tingkat satuan.

"Kami harapkan kepada seluruh aparat Babinsa yang di wilayah memiliki wawasan yang luas sehingga mampu menjawab tuntutan dan tantangan tugas yang dihadapi baik pada masa sekarang dan yang akan datang", Pungkasnya.

Adapun materi dan pemateri yang diberikan dalam kegiatan tersebut antara lain materi Bijak Bermedsos oleh Pasi Intel Kapten Inf Sutrisno, materi metode Pembinaan Teritorial oleh Danramil 05/Kesesi Kapten Inf Alim Ibrohim, materi Lima Kemampuan Teritorial oleh Danramil 03/Kajen Kapten Inf Nurkhan, materi Sikap Teritorial oleh Pasi Pers Kapten Inf Riyanto dan materi Mengenal Adat Istiadat oleh Endang Suprapti dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan.(rus).

Post a Comment Blogger

 
Top