Seratusan OPD Eselon II dan III Ikuti Bintek Di Lapangan Sigemplong

October 24, 2017
Pekalongan News
Bupati Batang membuka kegiatan Bimbingan Teknis bagi seluruh OPD di Lapangan Dusun Sigempol, Desa Pranten. Kecamatan Bawang
Batang 
Bimbingan Teknis (Bintek) kepemimpinan selama tiga hari, mulai dari tanggal 20 -23  Oktober 2017, bagi  100 pejabat eselon II dan III di Kabupaten Batang tergolong unik dan sangat berbeda dengan Pelaksanaan Bintek pada umumnya. 

Bintek yang diawali hari Jum'at (20/10/17) pukul 19.30 WIB digelar di alam terbuka tepatnya di lapangan Dusun Sigemplong, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang dengan ketinggian diatas 2000 mdpl. 

Menurut Bupati Batang, Wihaji, Biasanya Bintek digelar di Hotel dengan fasilitas bintang empat, namun Bintek kali ini dilaksanakan di lapangan terbuka dan lokasinya cukup terpencil atau tiga jam jarak tempuh dari Ibukota Kabupaten serta berdekatan dengan perbatasan Kabupaten Banjarnegara. 

Dia menjelaskan, Bintek yang dilaksanakan di luar ruangan  tersebut merupakan  yang pertama kali digelar dan sebelumnya belum pernah dilakukan oleh Kabupaten Kota manapun. 

Bupati beralasan, kegiatan Bintek di  lokasi terpencil sengaja ia sinkronkan dengan salah satu program kerjanya, yaitu mengangkat potensi wisata yang masih asli atau belum tersentuh infrastruktur yang memadai. 

Selain itu, Bintek kepemimpinan bagi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sekretaris, Kepala Bidang dan Camat sengaja digelar di alam terbuka untuk mengajak OPD menjadi tim work yang kuat agar secara bersama memajukan pembangunan pariwisata di Batang. 
"Mereka ini kami ajak untuk melihat  sekaligus merasakan langsung suasana  daerah terpencil karena ternyata selama ini masih banyak diantara mereka  belum tahu dan mengenal tempat ini, " ujar Bupati yang dalam kesempatan tersebut turut menyerahkan bantuan rehab dua mushola setempat sebesar masing-masing Rp 5 juta. 
Disebutkan Bupati, Kecamatan Bawang terutama di daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara banyak memiliki objek wisata yang sangat bagus dan perlu dibenahi menjadi lebih baik lagi seperti Curug Cirawe, Curug air hangat, pemandian alam air panas dan masih banyak lagi. 
"Kita akan tingkatkan dan tambahi fasilitasnya menggunakan dana CSR dengan melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta masyarakat sebagai pengelola, " paparnya. 
Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Batang, Alimudin, menyampaikan, Bintek Kepemimpinan diikuti oleh 100 OPD mampu menghemat anggaran dibanding harus menggunakan fasilitas Hotel yang jauh lebih mahal. 
"Dengan anggaran yang sama kami bisa menjaring lebih banyak peserta dibanding dengan di Hotel namun dengan peserta jauh lebih sedikit," jelasnya. 
Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang), Bambang Suryantoro yang juga sebagai peserta bintek mengaku semangat dan nyaman mengikuti Bintek meski harus melawan hawa dingin yang sangat menusuk tulang termasuk harus memempuh jarak lumayan jauh menuju lokasi dengan berjalan kaki naik turun medan berbukit. 
"Ini sangat berkesan seperti merefresh pikiran kita dan saya sangat setuju sekali Bintek digelar di alam terbuka karena suasananya tidak kaku atau formal seperti di Hotel bahkan kita bersatu penuh keakraban dan kekompakan menjalaninya," ujar Bambang yang sebelumnya pernah tiga kali ikut Bintek di Hotel. 
Hadir dalam acara pembukaan Bintek, Wakil Bupati Batang, Sekda Batang, Ketua DPRD Batang, Kepala Pengadilan Negeri Batang, perwakilan Kejaksaan Negeri Batang, Wakapolres Batang dan sejumlah pejabat forkominda lainya. 

Share this

Related Posts