0 Comment
Sejumlah anggota dan Babinsa Koramil 10/Wiradesa terjun ke sawah melakukan pendampingan kepada beberapa petani di Desa Bondansari, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan yang sedang memanen padi, Jum'at (10/2/17).
Pendampingan dilakukan sesuai instruksi Komandan Kodim 0710/Pekalongan Letkol Heri Bambang Wahyudi bahwa jajaran TNI harus senantiasa membantu pendampingan kepada petani di wilayahnya masing-masing dari mas tanam hingga panen.
Keterlibatan unsur TNI tersebut menurut Dandim, sebagai bentuk kepedulian jajaran TNI mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.
"TNi tidak hanya sekedar mengawal dari masa tanam hingga panen, namun sekaligus juga mengawal serapan gabah petani agar memiliki harga jual yang baik," terang Dandim.
Dandim menjelaskan, selama ini petani banyak dirugikan oleh pusaran permainan harga gabah di pasaran. Sebagai tindak lanjut dari perintah atasan, TNI terjun membantu petani untuk bisa mendapatkan harga yang standar, sehingga petani tidak rugi.

Di kesempatan lain, Danramil 10/Wiradesa, Kapten Ahmad Wiryadi menghimbau petani agar menjual gabah hasil panenya ke Bulog dengan harapan padi tidak terserap seluruhnya ke tengkulak.

Hal tersebut kata Danramil, untuk menghindari permainan harga dari pihak-pihak yang hanya mengambil kesempatan untuk mengejar keuntungan.
"Jadi harga ditingkat petani senantiasa terjaga dan petani tidak menjadi korban dari praktik kartel beras," jelasnya.

Post a Comment Blogger

 
Top