0 Comment

Pekalongan – Berawal dari keberhasilan Koramil 17/Lebakbarang yang memanfaatkan lahan sempit di lingkungan Koramil disulap menjadi lahan produktif dengan tanaman sayuran menggunakan sistem hidroponik sehingga saat ini banyak warga yang tertarik ingin belajar budidaya tanaman sayuran dengan sistem hidroponik.

Guna mensosialisasikan bagaimana cara menanam sayuran dengan sistem hidroponik tersebut, Babinsa Koramil 17/Lebakbarang Serda Sigit Priyono memberikan pelatihan kepada kelompok Ibu - ibu PKK Desa Depok Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan,Rabu (26/8/2020).

Dijelaskan Serda Sigit bahwa tujuan dari dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk memberdayaan Ibu - ibu PKK dalam usaha mendukung program pemerintah  menciptakan ketahanan pangan di lingkungan keluarga dengan memanfaatkan lahan di pekarangan rumah.

“Dengan kegiatan ini kita mengajak kepada Ibu – ibu PKK bagaimana memanfaatkan  pekarangan rumah menjadi lahan yang produktif , lingkungan rumah yang asri, hijau dan nyaman”, Jelas Sigit.

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut adalah  cara Penyemaian bibit, Pembuatan instalasi hidroponik sistem DFT (Deep Flow Technique) dan Pembuatan Larutan nutrisi AB – MIX.

Melalui pelatihan yang diberikan, dirinya berharap lahan yang awalnya kosong dan tidak produktif menjadi lahan produktif yang penuh dengan berbagai macam tanaman sayuran sehingga selain lingkungan menjadi nyaman dan asri juga akan  mendukung program ketahanan pangan. (rus).

Post a Comment Blogger

 
Top