0 Comment
Pekalongan – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II TA. 2020 Kodim 0710/Pekalongan menyasar desa terpencil tepatnya di Dukuh Sawangan Desa Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.

Memasuki dua pekan berjalan, sasaran yang dikerjakan berupa pengaspalan jalan sepanjang 2025 meter dan lebar 2,5 meter ini progresnya sampai dengan Rabu 15 Juli 2020 sudah mencapai 75 persen.

Menurut Danramil 18/Petungkriyono Kapten Inf Munadi, dipilihnya Desa Tlogopakis sebagai sasaran TMMD sengkuyung tahap II ini adalah karena pemerataan pembangunan dan untuk memperlancar sarana transportasi di desa tersebut sehingga diharapkan juga akan meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

“ Desa ini kan sangat terpencil, dan nyaris belum pernah tersentuh pembangunan jalan selama ini, oleh karena itu, pembangunan jalan ini tentunya sangat bermanfaat dan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sawangan ini”,Jelas Kapten Munadi.

Diketahui Dukuh Sawangan Desa Tlogopakis ini letaknya sangat terpencil berada didaerah pegunungan Petungkriyono yang berjarak kurang lebih 8 km dari ibu Kota Kecamatan dan 28 Km dari Kabupaten Pekalongan, dengan jumlah penduduk kurang lebih 200 jiwa.

Mbah Suritno (101) tahun, selaku tokoh masyarakat dan orang tertua saat ini di Desa tersebut mengatakan, bahwa selama ini belum pernah ada pembangunan jalan di desanya itu, dan dirinya mengaku sangat berterima kasih sekali kepada TNI yang sudah membangunkan jalan menjadi bagus.

“ Dereng pernah dalan niki dibangun, nembe sakniki dibangun kaleh mas TNI, mugo-mugo TNI diparingi sehat sedoyo.( belum pernah jalan ini di bangun dan baru kali ini dibangun oleh TNI, mudah-mudahan TNI di beri kesehatan semua.

Adanya pembangunan jalan tersebut seluruh masyarakat Dukuh Sawangan Desa Tlogopakis sangat antusias mendukung dan nyengkuyung bareng dalam pekerjaan, hal itu dibuktikan dengan hampir seluruh warga desa kaum laki-laki yang ada, setiap hari bersama-sama TNI melaksanakan pengaspalan jalan, sehingga diperkirakan masuk minggu ke tiga pekerjaan tersebut akan rampung.(Rus)

Post a Comment Blogger

 
Top