0 Comment
Sony Betamax C7 sempat berjaya di era 80 hingga 90-an d iIndonesia

Video kaset yang beredar di Indonesia sebetulnya ada dua versi yakni Video Home System (VHS) yang dirilis Philips serta Betamax yang diproduksi oleh Sony. Video kaset merupakan salah satu media hiburan yang sempat jaya di era 80 hingga 90-an di Indonesia. 

Video Home System (VHS) memiliki ukuran lebih panjang dengan dua pita terlihat di kedua sisinya. Sedangkan Betamax berukuran lebih pendek dengan satu pita hanya terlihat di sisi kiri atau kanan. 

Walaupun VHS muncul lebih dulu namun video kaset versi Betamax yang akhirnya mendominasi dunia hiburan Indonesia, khususnya rental film. Dengan resolusi gambar 420 x 480 serta ditunjang kualitas audio yang mumpuni membuat Betamax lebih praktis sebaga video kaset untuk hiburan film ketimbang VHS. 

Sayangnya video kaset jenis VHS maupun Betamax memiliki kelemahan yakni mudah kusut. Biasanya video kaset kusut ketika penggunanya berupaya merewind video kaset di pemutar video, namun ada juga video kaset yang tiba-tiba kusut karena kualitasnya sudah menurun.

Setelah berjaya dan mendominasi dunia hiburan serta media audio visual Indonesia selama tiga dekade akhirnya video kaset pun, baik format VHS maupun Betamax, harus menyerah dan punah ketika format cakram seperti laser disc, VCD dan DVD mulai muncul dan merajai pasar hiburan dan media audio visual di Indonesia pada akhir 90-an.

Post a Comment Blogger

 
Top