0 Comment

Kota Pekalongan - Guna mempertahankan keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa serta memperoleh kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, Danramil 03/Kajen Kapten Inf Nurkhan mengisi materi wawasan kebangsaan kepada Jama'ah  Sholat  Subuh di Masjid Bachir Achmad Binagriya kelurahan Medono kota Pekalongan, Minggu pagi (23/2/2020).

Kegiatan dihadiri kurang lebih 100 jama'ah  dan dilaksanakan dalam rangka rangkaian peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW  bersama Ustadzah Mumpuni Handayayekti dari Cilacap yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2020 mendatang di masjid setempat.

Mewakili Dandim 0710/Pekalongan, Kapten Inf Nurkhan dalam penyampaian materi wawasan kebangsaan mengambil tema, "Peranan Masjid Dalam Mewujudkan Ketahanan Nasional"

Dijelaskan Kapten Inf Nurkhan dalam paparannya, bahwa selain aspek yang mempengaruhi ketahanan nasional meliputi Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan, terdapat aspek lain yang juga merupakan peranan dan fungsi ketahanan nasional yaitu Masjid.

Mengapa demikian? " Dijaman sekarang ini landasan ilmu agama sangat penting dan diperlukan bagi generasi muda karena sudah banyak contoh generasi muda kita yang terjerumus ke dalam kemaksiatan seperti narkoba, minuman keras, sex bebas, tawuran pelajar dan lainnya,"Paparnya.

Oleh karena itu menurut Kapten Nurkhan, berawal dari masjid - masjid atau pondok pesantren mereka akan mendapatkan ilmu - ilmu agama yang akan membangun sebuah sumber daya manusia yang memiliki karakter - karakter yang tangguh dan bertaqwa.

"Apabila para generasi muda telah memiliki landasan taqwa kepada Tuhannya otomatis mereka juga akan setia dan rela berkorban demi bangsa dan negaranya jika ada ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan", jelasnya.

Lanjutnya, bahwa peranan masjid sebagai mana fungsinya yaitu sebagai tempat Ubudiyah (Peribadatan), Tarbiyah (Pendidikan), dan Ijtima'iyah (Sosial kemasyarakatan) apabila masjid  sudah terlaksana dengan fungsinya terutama di negara kita Indonesia maka dengan melalui peranan masjid, ketahanan nasional  akan dapat tercapai sesuai yang diharapkan.

"Dengan ilmu agama, Insya Allah hidup di dunia ini akan membuat terang dan damai sehingga kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara akan dapat tercapai dengan baik", pungkasnya.

Sementara itu Takmir Masjid Bachir Achmad H. Muritno Muchsin mengungkapkan bahwa materi yang diberikan oleh Kapten Inf Nurkhan yang sangat responsif dan antusias yang memang kebutuhan nyata dari jama'ah masjid khususnya generasi muda yang saat ini mengalami kesemrawutan, mulai dari kesemrawutan informasi, pemikiran dan pola pikir sehingga kita pengurus masjid ingin menghadirkan narasumber yang benar-benar pada bidangnya.

"Alhamdulillah dari Kodim 0710/Pekalongan yang diwakili Kapten Inf Nurkhan dapat memberikan informasi dan pencerahan tentang Wawasan Kebangsaan Indonesia sehingga diharapkan dapat memperkuat rasa Nasionalisme jamaah masjid Bachir Achmad dan generasi muda yang ada saat sekarang ini", ungkap Muritno.

Post a Comment Blogger

 
Top