0 Comment
Suyono : Camat Dan Kapolsek Harus Dapat Memetakan Desa Yang Rawan Konflik
Batang - Wakil Bupati Batang Suyono mengimbau kepada jajaran Camat dan Kepala Kepolisian Sektor untuk tidak meninggalkan wilayah menjelang pemilihan Kepala desa serentak yang akan berlangsung 29 September 2019. 

"206 desa akan melaksanakan pilkades serentak yang tentunya ada potensi konfliknya, karena ada yang mengelola kepentingan pribadi menjadi kepentingan konflik umum, maka harus ada deteksi dini agar konflik tidak terjadi dan meluas," kata Suyono saat membuka rapat kordinasi menjelang Pelantikan anggota DPRD dan Pilkades Serentak, Senin (5/8/19). 

Oleh karena itu, Camat dan Kapolsek harus dapat memetakan desa yang rawan konflik. Kalau ada konflik harus segara mengambil tindakan, yang tentunya untuk antisipasi agar wilayahnya tetap kondusif. 

Suyono juga meminta agar awasi pergerakan bandar atau cukong - cukong yang akan mencari keuntungan pribadi. Maka harus terus intens lakukan komunikasi dengan masyarakat desa agar tidak terprovokasi dari hal - hal tersebut. 

"Pendaftaran Pilkades akan berlangsung 8 Agustus, sehingga sudah ada pergerakan bakal calon kepala desa. Maka komunikasi dan koordinasi terus agar tercipta situasi kondusif," pintanya.

Pemilu 2019 di Kabupaten Batang sudah berjalan damai, sukses tanpa ekses, ini semua berkat sinergitas Polri, TNI dan masyarakat yang sudah dewasa dalam berpolitik. Hal ini juga harus diapresiasi kesuksesanya. 

"Maka Jangan sampai pilkades melukai Pemilu yang sudah tercipta dengan damai," jelasnya 

Sementara Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Batang Handy Hakim menjelaskan, Rapat tersebut dihadiri oleh Camat, Kapolsek dan jajaranya se Kabupaten Batang, yang bertujuan untuk mengetahui sebarapa besar potensi konflik di masing - masing desa yang melaksanakan pilkades. Dan juga pengamanan pelantikan anggota DPRD Kabupaten Batang. 

"Diharapkan melalui rapat dan kordinasi ini bisa mengantisipasi timbulnya konflik pada Pilkades," pungkasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Batang Kompol Puji Irianto mengajak dan mengimbau para Tokoh dan Calon Kepala Desa agar mendinginkan situasi tidak memprovokasi dan membuat kegaduhan.

"Mari bersama kita jaga kondusivitas kamtibmas, sehingga pilkades serentak di Kabupaten Batang dapat berjalan aman, damai dan sukses," jelasnya.

Post a Comment Blogger

 
Top