0 Comment
Kota Pekalongan – Upaya mencapai swasembada pangan yang dilakukan oleh Kodim 0710 Pekalongan benar-benar serius dilaksanakan. Pasalnya hampir setiap kesempatan Dandim 0710/Pekalongan Letkol Infanteri Arfan Johan Wihananto selalu terjun langsung kelapangan untuk memantau dan memberi motivasi ke petani.Kamis(15/8/2019)

Seperti yang baru dilakukan saat ini, bertempat di lahan Demonstrasi Plotting(Demplot) di areal persawahan Kelurahan Soko Duwet Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan, Dandim Arfan di temani Danramil 20 Pekalongan Selatan Kapten Arm Ahmad Wiryadi, PPL Kecamatan serta Gapoktan Tani Makmur, ikut mendampingi petani yang sedang melaksanakan panen padi.

Dijelaskan Dandim, bahwa untuk mencapai suatu tujuan diperlukan kerja nyata dan kerja keras, tidak terkecuali program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah, dan untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan kerja sama semua pihak agar tujuan tersebut bisa tercapai.

“ Kita bersama-sama dengan instansi terkait berusaha keras untuk mensukseskan program swasembada pangan, sehingga saya akan berusaha selalu hadir untuk memberikan pendampingan dan motivasi kepada petani agar tujuan program ini bisa tercapai,”terang Dandim.

Sementara itu Danramil 20/Pekalongan Selatan Kapten Arm Ahmad Wiryadi menjelaskan, untuk panen pada lahan Demplot saat ini seluas 3000 m2 dengan hasil mencapai 2,49 ton, dan cenderung turun dibanding dengan panen sebelumnya yang mencapai 2,300 ton. Hal itu disebabkan  karena dipengaruhi adanya serangan hama wereng dan kekurangan air.

“ Secara hasil memang cenderung menurun, akan tetapi kalau dilihat dari masa panen dan biaya produksi lebih murah karena menggunakan pupuk wijayakusuma nutrition. Kalau tidak ada serangan hama wereng dan air tercukupi pasti hasil lebih banyak,”tandasnya.(rus/pendim pekalongan)

Post a Comment Blogger

 
Top