0 Comment
Kota Pekalongan – Kodim 0710/Pekalongan Memperingati hari lahirnya Pancasila dengan melaksanakan Upacara bertempat di lapangan apel Makodim setempat. Sabtu pagi (1/6/2019).

Kasdim 0710/Pekalongan Mayor Inf Hufron bertindak sebagai Inspektur Upacara, membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Hariyono.

Makna Hari Kesaktian Pancasila 2019 kali ini adalah bahwa bangsa/negara masih dapat bertahan hingga saat ini berkat Pancasila yang mampu mempersatukan wilayah NKRI yang terdiri konsep negara kepulauan dan keanekaragaman suku maupun budaya serta adat istiadat.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara serta pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME kepada bangsa Indonesia,” papar Kasdim.

Lebih lanjut, berkat Pancasila sebagai bintang penuntun “leitstars dinamis” keberagaman yang ada mampu dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika, sehingga mampu memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan dengan kandungan visi dan misinya.

“Kata Bung Karno, sebagai bangsa yang besar kita tidak boleh meninggalkan Jas Merah atau meninggalkan sejarah, oleh karena itu, memperingati Hari Kesaktian Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride),” tegasnya menyampaikan kita Indonesia, kita Pancasila.

Pesan KBPIP RI, adalah melalui peringatan kali ini, Pancasila perlu dijadikan “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mengamalkan dan mengamankannya secara simultan dan terus menerus dalam kehidupan sehari-hari karena Pancasila selain sebagai dasar negara juga merupakan ideologi dan pandangan dunia yang dapat membawa Indonesia kearah kemajuan dan kesejahteraan. (Red/rus).

Post a Comment Blogger

 
Top