Polsek Warungasem Dampingi Tim Monitoring DD Tahap II

January 11, 2018
Evaluasi dan monitoring Dana Desa tahap II tahun 2017 bertempat di balai Desa Candiareng dari tim Kecamatan Warungasem kabupaten Batang yang dipimpin oleh Camat Warungasem
Kabupaten Batang
Evaluasi dan monitoring Dana Desa tahap II tahun 2017 bertempat di balai Desa Candiareng dari tim Kecamatan Warungasem kabupaten Batang yang dipimpin oleh Camat Warungasem M Fathoni, Kasi PMD Winasih, kemarin.

Kunjungan tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi penggunaan Dana Desa (Dana Desa) yang bersumber dari APBN Pemanfaatan dana desa untuk pembangunan infrastruktur dan sektor perekonomian desa yang disertai transparansi kepada masyarakat.

Dalam kegiatan monitoring dana Desa dihadiri Camat warungasem  M Fathoni ,Kasi PMD Warungasem Winasih , pendamping Desa Arif, Kades Candiareng Teguh, Sekdes Candiareng Nur Sholeh, KPMD( kader pemberdayaan masyarakat desa) Kanit Binmas Polsek Warungasem Polres Batang Aiptu Setiawan, Kanit Provost Aiptu Endang Suhendar, Bhabinkamtimas David Yoga S dan Kasi humas Bripka Trigusmantoro.

Menurut Kasi PMD Winasih mengatakan tim Kecamatan terkait kunjungan ke Desa Candiareng, bertujuan untuk monitoring dan evaluasi penggunaan dana desa yang nantinya hasil dari kunjungan ini akan dilaporkan secara langsung .
"Jadi kehadiran kami ke desa bukan sesuatu yang harus ditakuti, namun malahan kami berupaya untuk sama-sama mensukseskan pembangunan di desa," ungkap Winasih Kasi PMD.
Adapun hal harus disiapkan pihak desa, seperti Profil desa Candiareng, Struktur desa pada Pemerintah Daerah, Keuangan desa berupa besaran nilai dana, penggunaan dana, dan hasil dari penggunaan, Foto-foto fisik bangunan yang dibangun dengan dana desa.

Senada dengan Kasi PMD Winasih Camat Warungasem  M Fathoni menambahkan tentang penggunaan dana desa dan proses pelaporan penggunaan dana tersebut.

Camat Warungasem juga mengungkapkan penggunaan dana desa skala prioritasnya sudah diatur oleh pemerintah yang dikenal dengan 4 program prioritas. Namun untuk pemberdayaan masyarakat penggunaan dana desa harus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup, dan penanggulangan kemiskinan.
"Jangan bangga dengan laporan, namun yang terpenting adalah isi dan hasil dari penggunaan dana desa tersebut," tegasnya.
Kepala Desa Candiareng, Teguh memaparkan penggunaan penggunaan dana desa.Usai pemaparan, dilanjutkan kunjungan kelapangan melihat secara langsung fisik pembangunan.

Menurut PS. Kanit Binmas Polsek warungasem Polres Batang Aiptu Setiawan, Bhabinkamtibmas dalam giat ini berfungsi untuk dapat mengawal perencanaan program hingga pelaksanaanya.
"Dalam hal ini Bhabinkamtibmas tidak turut serta dalam menentukan perencanaan namun hanya memantau," katanya.

Share this

Koran online pekalongan dan sekitarnya adalah portal lokal wong pekalongan dan daerah sekitarnya yang bertujuan memberikan informasi berita berita lokal yang ada di pekalongan dan sekitarnya

Related Posts