googlesyndication.com

0 Comment
Tetap Bugar Saat Penghujan
Tetap Bugar Saat Penghujan

Aktivitas-aktivitas yang akan membuat Anda kebal terhadap penyakit di musim hujan.

Musim hujan merupakan tantangan buat daya tahan tubuh, selain karena suhu udara menjadi dingin, air hujan berpotensi besar membawa bakteri atau kuman lain masuk ke tubuh, baik secara langsung saat kita terkena siraman air hujan atau melalui makanan yang terpapar air hujan, akibatnya, daya tahan tubuh pun menjadi drop, masalahnya, kita tak bisa hanya hibernasi di kamar saat musim hujan, Kita harus tetap beraktivitas. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh dengan beberapa aktivitas yang dianjurkan oleh Dr. Benedict Tan, chief Sports Medicine at Changi General Hospital dan senior consultant di Changi Sports Medicine Centre, Singapura. 


Menurutnya, semua orang bisa “kebal” penyakit di musim hujan asal mau melakukan aktivitas fisik yang kita suka, cukup 30 menit setiap hari. agar Tetap Bugar Saat Penghujan “Tapi, harus diingat, meski waktunya sebentar, lakukan secara rutin. Jangan bolong-bolong,” katanya. “Boleh istirahat sehari sebagai jeda berolahraga jika dirasa perlu, termasuk untuk memberi waktu rehat buat otot,” tambahnya.

aktivitas Tetap Bugar Saat Penghujan berikut ini :

Membersihkan rumah.
Jangan pernah meremehkan aktivitas ini. Kegiatan menyapu, mengepel, dan dilanjutkan dengan menyikat kamar mandi bisa membuat tubuh berkeringat. Kalori yang dibakar pun lumayan besar, sekitar 107 kkal per 30 menit. Dan, membersihkan rumah tak cukup hanya setengah jam. Anda membutuhkan waktu lebih sehingga makin banyak kalori yang tergerus. Bonusnya? Berat badan turun dan tentu, rumah jadi bersih.

Berenang.
Mau kegiatan yang tak kalah menyenangkan? Berenang bisa jadi pilihan. Olahraga ini baik untuk melatih sistem kardiovaskuler, memperlancar metabolisme, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tak kurang dari 217 kkal bisa Anda pangkas dengan aktivitas ini. Berenanglah secara simultan dalam beberapa menit atau putaran – jangan habiskan waktu Anda di pojok kolam renang sambil menikmati keindahan lekuk tubuh pengunjung wanita.

Bersepeda.

Bersepeda santai merupakan salah satu olahraga low impact yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Layaknya olahraga kardiovaskuler lain, bersepeda membantu memperlancar peredaran darah, selain dapat membantu Anda memangkas kalori, sekitar 178 kcal dalam 30 menit.

Joging.
Cari hari ketika hujan tidak turun dan lakukan joging ringan di sekitar komplek. Kegiatan yang membakar 178 kcal setiap 30 menit ini juga bisa membantu menstabilkan tekanan darah.

Jalan kaki.
Berjalan dengan kecepatan 5 km/jam juga bisa jadi pilihan aktivitas menjaga kebugaran, baik sebelum berangkat kerja atau setelah pulang kerja. Terlebih, aktivitas ini mampu membakar kalori yang lumayan besar, 150 kcal dalam sejam, kalori di atas merujuk pada rumus penghitungan kalori American College of Sports Medicine, dengan estimasi berat badan 68 kilogram.

Post a Comment

 
Top