googlesyndication.com

3 Comment
Beri Kuliah Umum Di Undip, Agus Triharsito Tantang Mahasiswa Buat Mesin Untuk Kapal Peralon
Agus Triharsito Tantang Mahasiswa Buat Mesin Untuk Kapal Peralon

Semarang
Kapal peralon yang rencananya akan selesai pembuatanya pada tanggal 1 April bulan depan, akan langsung digunakan untuk melaut untuk mencari ikan selama dua hari dua malam di perairan Pekalongan dan sekitarnya.
"Saya sendiri yang akan menggunakan kapal tersebut untuk mencari ikan. Saya selama dua hari akan kembali jadi nelayan, dengan mengoperasikan kapal tersebut," ungkap Direktur Utama PT Barokah Marine, Agus Triharsito usai memberikan Kuliah Umum dihadapan Dosen dan Mahasiswa Fakultas Tekhnik Perkapalan Undip, Senin siang (29/2/16).
Diyakinkan Agus, semua komponen pembuatan kapal peralon bisa dipenuhi dari dalam negeri dan keterlibatan perguruan tinggi seperti Fakultas teknik mesin dan Fakultas tekhnik perkapalan Undip dalam menyuplai riset untuk menciptakan mesin lokal sangat ditunggu. Bahkan Agus yang notabene alumnus dari fakultas tersebut turut mempersilahkan mahasiswa Perkapalan Undip untuk membuat mesin yang sesuai untuk kapal peralon.
"Saya tantang, silahkan ciptakan mesin untuk kapal ini. kita siap gunakan mesin hasil karya mahasiswa Undip untuk bisa di pakai nelayan Indonesia melalui kapal peralon ini," cetusnya.
Sekretaris Jurusan Tekhnik Mesin Undip, Sri Nugroho saat dikonfirmasi mengaku sangat apresiasi dengan apa yang dilakukan oleh Agus Triharsito.
"Saya sebenarnya sangat menunggu orang-orang seperti beliau. Dengan semangat idealismenya, dengan gagasan luar biasanya secara terbuka mau menggandeng kalangan akademisi seperti kita. Sinergitas antara perguruan tinggi dan industri yang selama ini kita tunggu," terang Sri Nugroho.
Menanggapi keinginan pemilik galangan PT Barokah Marine, Agus Triharsito, agar mahasiswa Undip bisa menciptakan mesin kapal peralon untuk nelayan Indonesia, dengan bijak Sri mengatakan, pihaknya dalam hal ini perguruan tinggi, orientasinya hanya menciptakan SDM unggul dibidang keahlian tertentu, bukan menciptakan mesin secara utuh.
"Tapi memang tidak menutup kemungkinan untuk itu. Kita ada riset, dan riset tersebut bisa saja terwujud menjadi produksi. Rarena riset itu ada yang inisiatif kita dan bisa juga ada karena permintaan," tukasnya.
Lain halnya dengan Kepala Jurusan Tekhnik Perkapalan Undip, Daddy Chrismianto yang berharap agar kerjasama antara Undip dan PT Barokah Marine untuk secara bersama mengelola laha seluas 54 hektar milik Undip di Teluk Awur, Kabupaten Jepara dapat segera terwujud.
"Laboratorium perkapalan sangat diperlukan oleh Undip. Nantinya itu bisa digunakan oleh mahasiswa Fakultas Tekhnik mesin, elektro dan perkapalan sekaligus," tuturnya.
Secepatnya, menurut Dady, pihaknya akan menyiapkan nota kesepahaman kerjasama dengan PT Barokah Marine Pekalongan untuk bisa terwujud.

Dilain pihak, Dirut PT Barokah Marine, Agus Triharsito menyatakan siap untuk mewujudkan kerjasama dengan Undip mengelola lahan tersebut
"Ya, siap (membuat galangan kapal) minimal lima hektare sudah cukup. Kita buat industri kapal di sana, dan itu akan menjadi laboratorium kapal," terang Agus.

Post a Comment

 
Top