googlesyndication.com

1 Comment
Ditemukan Rusak, 278 Kertas Suara Dibakar
gambar ilustrasi
Kabupaten Pekalongan
Persiapan Komisi Pemilihan Pemilu (KPU) Kabupaten Pekalongan dalam menyelenggarakan Pemilukada 2015 mulai memunculkan berbagai persoalan. Salah satu permasalahan yang muncul adalah masalah keberadaan logistik yang diterimakan dari pusat dalam keadaan rusak.

Diketahui, sebanyak 287 surat suara yang nantinya akan dipergunakan dalam pencoblosan mengalami kerusakan yang bervariasi. Menurut Ketua KPUD Kabupaten Pekalongan, Mudasir, kendati diterima dalam keadaan rusak, tapi surat suara yang ada masih mencukupi untuk kebutuhan nanti. Sehingga saat ini belum diperlukan untuk penambahan surat suara yang baru. Sedang jumlah 
surat suara mencapai 745 ribu dan sudah termasuk cadangan.
"Untuk kerusakan sendiri, diantaranya, warna yang sudah memudar, seharusnya surat suara berwarna merah menjadi pink. Kemudian banyak yang robek, gambar tembus, kotor dan banyak bercak," terang Mudasir didampingi Divisi Sosialisasi KPUD, Abi Rizal, kemarin. 
Dikatakan Mudasir, pihaknya akan mengecek lagi secara keseluruhan dan akan memisahkannya untuk dilakukan tindakan.
"Yang rusak akan kami kumpulkan semua lalu akan kita bakar, yang masih utuh bisa dipergunakan lagi. Untuk kekurangan akibat adanya kerusakan bisa diganti dengan kertas suara cadangan. Jadi masih cukup," ungkapnya.
Dilain persoalan, Ketua Divisi Sosialisasi KPUD Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal, menyampaiakan, selama sepekan ini tenaga internal KPUD melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara.
"Kami tidak menggunakan tenaga luar karena dari segi jumlah masih sedikit, jadi masih bisa tertangani dengan tenaga dari internal sendiri, lumayanlah buat tambahan para tenaga kontrak kami," kata Abi.
Abi juga menilai, dengan ditangani tenaga internal sendiri malah bisa maksimal dalam melakukan pengawasan dan kontrol.
"Kami akan langsung ingatkan, misal terdapat ketidaksesuaian dalam ketentuan yang sudah diatur. Lebih mudahlah dalam pengawasanya," ujarnya.
Dijelaskan Abi, untuk peyortiran akan selesai bulan ini.  selanjutnya nanti tinggal pendistribusian saja keseluruh TPS yang ada di Kabupaten Pekalongan.
"Nanti pada tanggal 18 atau 19 November ini ditargetkan selesai. Jadi siap untuk didistribusikan dan logistik pemilu lainya juga sudah siap," tuturnya,

Post a Comment

 
Top